Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Vitamin C memang baik untuk tubuh. Bahkan kebutuhan vitamin C tubuh ini pun harus dipenuhi tiap hari.

Namun, dikutip dari webmd.com, mengonsumsi vitamin c secara berlebihan juga tidak baik. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin c, tanda-tandanya adalah pusing, diare, dan kram pada perut.

Efek tersebut terjadi akibat tingkat keasaman vitamin C yang terlalu tinggi. Selain itu, vitamin C yang juga mengandung zat besi jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan dapat menghasilkan efek toksik.

Baca juga:  Es Krim Tak Membuat Flu Lebih Parah
Menurut National Heart, Lung and Blood Institute, efek toksik dapat menyebabkan keracunan organ dan kerusakan organ seperti jantung, hati, dan pankreas. Kelebihan mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen bahkan dipercaya dapat mempengaruhi hormon progesteron.

Bahkan menurut New Encyclopedia of Vitamins, Minerals, Supplements and Herbs, konsumsi vitamin C berlebihan pada ibu hamil berisiko kelahiran cacat. Takaran vitamin C yang direkomendasikan ialah 65 hingga 90 miligram.

Jika berlebih, tubuh sebenarnya akan membuang kelebihan vitamin C melalui urine. Namun bila tubuh tidak lagi bisa menampungnya, akan ada risiko yang harus ditanggung. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.