DENPASAR, BALIPOST.com – Menghilangkan daging dari menu makanan sehari-hari, mungkin akan sedikit sulit. Namun tahukah Anda, berhenti mengonsumsi daging akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Seperti misalnya faktor risiko penyakit tertentu bisa berkurang. Bahkan, jangka hidup Anda secara potensial bisa meningkat.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini adalah hal-hal yang akan terjadi jika Anda berhenti mengonsumsi daging atau setidaknya mengurangi jumlah mereka dalam menu makanan Anda sehari-hari, seperti :

1. Berat badan bisa turun
Menurut Dr. Neal Bernard di George Washington University, rata-rata orang yang mengubah menu makanannya menjadi berbasis sayuran, kehilangan berat badan sekitar 10 pound dalam rentang waktu sekitar 44 minggu.

“Pesan yang dapat dibawa ialah diet nabati dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan tanpa perlu menghitung kalori dan tanpa meningkatkan latihan rutin Anda,” ujar Dr. Bernard.

2. Kulit lebih sehat
Vitamin-vitamin yang terdapat dalam buah dan sayuran, terkenal dapat melawan radikal bebas yang sering menyebabkan noda kulit. Beberapa makanan yang telah terbukti memiliki tingkat antioksidan yang tinggi ialah buah beri, ceri, jeruk, plum, dan zait

3. Risiko kanker dapat berkurang

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention, setidaknya 30 persen kasus kanker telah dikaitkan dengan kebiasaan makan kita sehari-hari.

Baca juga:  Konsumsi Sayur dan Buah Masyarakat Bali Cuma 45 Gram Sehari
Para pasien dalam studi tersebut menunjukkan bahwa vegetarian yang senang minum susu dan makan telur cenderung memiliki risiko lebih rendah mengembangkan penyakit kanker dibanding dengan mereka yang makan daging. Hal ini bisa terjadi karena tubuh vegetarian mendapat antioksidan yang terkandung dalam makanan nabati.

4. Risiko penyakit kronis berkurang
Para peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI), telah menemukan bahwa orang-orang yang memilih untuk menghilangkan daging dari menu makanannya, mengalami penurunan kadar kolestrol secara signifikan. Mereka dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah perifer, stroke, hipertensi, obesitas, peradangan kronis (arthritis, asma, dan gangguan degeneratif lainnya), serta diabetes tipe 2.

Baca juga:  Para Pria Wajib Baca! Berikut Daftar Buah Pengekar Otot
Namun, walaupun menjadi seseorang yang vegetarian memang bisa memberikan banyak hal pada tubuh, tetapi Anda juga harus melakukannya secara cerdas dan bijak. Jika Anda ingin mengurangi atau menghilangkan daging dari diet harian, diperlukan sejumlah protein lain untuk memenuhi nutirisi yang dibutuhkan tubuh. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.