Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto (tengah kiri) didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah kanan) menyapa wartawan usai menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dalam upacara penyematan yang berlangsung tertutup di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (20/6/2024). Bintang Bhayangkara Utama tersebut merupakan tanda kehormatan dari pemerintah yang diberikan kepada mereka yang dianggap berjasa luar biasa melampaui kewajibannya memajukan Kepolisian Negara Republik Indonesia. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dianugerahkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Pemberian tanda bintang tersebut berlangsung di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (20/6).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama Polri kepada Menhan Prabowo adalah bentuk apresiasi terhadap kerjasama dalam mengamankan NKRI.

“Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan kerja sama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI,” kata Dedi.

Baca juga:  Tsunami Selat Sunda, 20 Orang Tewas

Jenderal polisi bintang dua itu menambahkan Menhan Prabowo Subianto dianggap memiliki jasa besar untuk kemajuan dan pengembangan institusi Polri.

Dia mengatakan dalam berbagai kesempatan Prabowo Subianto terus mengingatkan peran dan fungsi TNI bersama Polri yang sangat penting bagi rakyat dan juga negara.

Dukungan kepada penguatan Polri itu, juga pernah disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca juga:  Curi Burung Jutaan Rupiah untuk Bayar Hutang, Oknum Mahasiswa Ditangkap

Saat itu Menhan Prabowo menegaskan TNI dan Polri adalah jaminan terakhir NKRI. Untuk itulah rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas SDM tangguh dan unggul.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Polri.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama kelas tertinggi, disusul Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Baca juga:  Jelang Kunker Kapolri, Kapolres Periksa Kendaraan Dinas

Pemberian tanda kehormatan itu berlangsung dalam upacara resmi, diawali Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyambut kedatangan Prabowo Subianto di Mabes Polri.

Turut mendampingi Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto dan para pejabat utama Mabes Polri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *