Ada tiga tersangka lainnya, berinisial SS, AJ dan MZ. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com –  Satu tersangka tindak pidana perdagangan orang (TPPU) modus ferien job atau magang kerja di Jerman ditangkap Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Kepala Divisi Hubinter Polri Irjen Pol, Krishna Murti di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (13/6), mengatakan, tersangka bernama Enyk Waldkoening (EW), merupakan satu dari lima tersangka ferien job magang kerja di Jerman yang ditetapkan oleh Bareskrim Polri.

Baca juga:  Megawati Diserang Hoax Lagi

“Enyk Waldkoening, tersangka TPPO ferien job tertangkap di Italia,” ucap Krishna.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan, tersangka EW ditangkap di Italia pada Rabu (12/6) waktu setempat.

Penangkapan tersebut, lanjut dia, merupakan hasil dari koordinasi dengan interpol Indonesia, Jerman dan Italia.

Saat ini dilakukan langkah-langkah tindak lanjut setelah tersangka EW ditangkap di Italia.

“DivHubinter Polri komunikasi dengan Kepolisian Italia untuk bawa pula Enyk Waldkoening. Bersama Bareskrim akan bawa tim untuk membawa pulang tersangka,” tutur Krishna.

Baca juga:  Polri Kerahkan 44.582 Personel Amankan Nataru

EW merupakan tersangka yang mengenalkan program ferien job ke sejumlah perguruan tinggi. Selain EW, terdapat satu tersangka lagi yang masih buron, atau masuk daftar pencarian orang (DPO) yakni A alias AE.

Kedua tersangka EW dan AE pada saat penetapan tersangka berada di Jerman. Polri lalu menerbitkan red notice pada bulan April.

Kasus tindak pidana perdagangan orang berkedok program magang ini terungkap setelah empat mahasiswa yang sedang mengikuti ferien job mendatangi KBRI di Jerman.

Baca juga:  Dicurigai Buang Bayi, Pasutri Diamankan Warga

Setelah ditelusuri oleh KBRI, program ini dijalankan sebanyak 33 perguruan tinggi di Indonesia dengan total mahasiswa yang diberangkatkan sebanyak 1.047 mahasiswa. Namun, mahasiswa tersebut dipekerjakan secara non-prosedural sehingga mahasiswa tersebut tereksploitasi. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *