Petugas membersihkan material pohon di Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Desa Banyubiru, Kabupaten Jembrana yang menimpa kabel PLN. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (9/6) mengakibatkan pohon perindang jalan Denpasar-Gilimanuk di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara tumbang. Pohon Flamboyan dengan tinggi sekitar 7 meter itu menimpa kabel dan langsung mendapatkan penanganan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 10.55 WITA, pohon tumbang karena batang kayu sudah rapuh,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Jembrana, I Putu Agus Artana Putra.

Baca juga:  Pohon Tumbang Hancurkan Beji Pejaten

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Cuaca ekstrem hujan dan angin ini sejak dua pekan terakhir melanda wilayah Jembrana. BPBD menangani sejumlah kejadian pohon tumbang yang berdampak pada kerusakan tempat tinggal maupun menghalangi jalan.

Agus Artana meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem belakangan ini khususnya yang melintas di jalan Denpasar-Gilimanuk dan jalan kabupaten maupun desa. Termasuk tempat tinggal warga yang berada dekat pohon-pohon besar.

Baca juga:  Australia Bantu Alat Desalinasi untuk Nusa Lembongan

Potensi pohon tumbang sangat tinggi dan beberapa kali terjadi. BPBD bersama instansi terkait juga telah beberapa kali melakukan antisipasi pemangkasan maupun pemotongan pohon khususnya di jalur Denpasar-Gilimanuk.

Partisipasi warga juga diharapkan untuk memangkas ranting pohon yang rawan tumbang. Ataupun melapor kepada BPBD Jembrana bilamana melihat pohon yang membahayakan. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *