Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya (Karisma) menyetor syarat dukungan untuk maju pada Pilkada 27 November 2024, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem, Minggu (12/5) malam. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pilkada Karangasem agaknya akan diwarnai dengan kehadiran pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan. Hal ini setelah I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya (Karisma) menyetorkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem, Minggu (12/5) malam.

Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa, pada Senin (13/5) mengungkapkan, Kari Subali bersama calon wakilnya I Ketut Putra Ismaya Jaya, datang ke kantor KPU Karangasem pukul 22.46 WITA. Kata dia, total dukungan  yang diserahkan melalui SILON sebanyak 49.219 KTP, sedangkan syarat minimal berdasarkan keputusan KPU sebanyak 33.053.

Baca juga:  Logistik Pilbup Karangasem Mulai Berdatangan

Budiasa merinci dukungan di Kecamatan Rendang,  sebanyak 3.835 orang, Kecamatan Sidemen sebanyak 3.509 orang, Kecamatan Manggis 4.914 orang, dan Kecamatan Selat 2.919 orang. Selanjutnya Kecamatan Karangasem, Karisma mendapat dukungan 9.891 orang, Kecamatan Abang mendapat dukungan sebanyak 8.863 orang, Kecamatan Bebandem sebanyak 5.472 orang, dan Kecamatan Kubu dukungan yang didapatkan sebanyak 9.816 orang.

Menurut Darma, syarat dukungan calon independen yang diterimanya itu dilakukan verifikasi secara administrasi hingga 29 Mei. “Kami akan merekap semua dokumen syarat dukungan yang sudah diserahkan. Intinya, dukungan itu tetap memenuhi syarat sesuai ketentuan  yang ada. Kalau ini sudah terpenuhi maka  kami nyatakan sudah memenuhi syarat dan dilanjutkan verifikasi faktual  semua dukungan ke lapangan,” katanya.

Baca juga:  Ribuan Warga Karangasem Tanpa E-KTP Terancam Dihapus dari Sistem

Sementara itu, Kari Subali dan Ketut Putra Ismaya Jaya, menyampaikan apresiasi ke masyarakat Karangasem yang sudah memberikan dukungan untuk maju pada Pilkada. Kata dia, dengan 49 ribu lebih dukungan yang didapatnya itu, semakin memberi harapan besar bisa memenangkan kontestasi politik lima tahunan itu.

“Perjuangan  masih panjang, kami berharap tim  dan teman-teman relawan tetap guyub dan solid bergerak. Sehingga idaman bisa melahirkan pemimpin Karangasem yang independen dan peduli pada warga miskin bisa terkabulkan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Soal Calon Peserta Pemilu Terlibat Masalah Hukum, KPU Bali akan Tunggu Inkrah
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *