Kepala Biro Operasi Polda Bali Komisaris Besar Polisi Soelistijono. (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak puluhan tempat penginapan yang bakal digunakan oleh para delegasi pertemuan internasional World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali diamankan aparat Polda Bali.

“Ada 25 hotel yang sudah direkomendasikan oleh panitia penyelenggara. Rinciannya kami belum tahu. Pola pengamanannya sama seperti saat KTT G20,” kata Kepala Biro Operasi Polda Bali Komisaris Besar Polisi Soelistijono di Denpasar, Sabtu (11/5) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selain hotel, beberapa tempat utama yang akan digunakan untuk forum internasional tersebut diantaranya Bali International Convention Center (BICC), Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove juga bakal dijaga ketat.

Baca juga:  Perluas Peluang Manggis Bali ke Tiongkok, Registrasi Kebun Dipercepat

Selain pengamanan di tempat-tempat penginapan dan tempat acara, Polda Bali dibantu oleh personel bawah kendali operasi (BKO) Mabes Polri, Polda Nusa Tenggara Barat dan Polda Jawa Timur akan melakukan pengawalan dan pengamanan di tempat wisata atau pusat perbelanjaan yang akan dikunjungi oleh para delegasi.

“Kami punya pengalaman kegiatan internasional yang sudah kita lakukan, saat nanti tamu negara ini akan melaksanakan kegiatan di luar yang sudah terprogram seperti ke tempat wisata, dan ke lokasi-lokasi perbelanjaan, kita sudah siapkan personel penebalan,” katanya.

Baca juga:  Dari Pratima Bernilai Puluhan Juta di Pura Ini Raib hingga Zona Merah di Bali Kembali Bertambah!

Untuk memperlancar lalu lintas menuju tempat wisata yang akan dikunjungi para delegasi, Polda Bali juga sudah siap melakukan pengawalan.

Untuk tamu kategori VIP dan VVIP akan diatur oleh TNI dan Paspampres.

“Kita sudah punya SOP pengamanan persis seperti G20. Kita gunakan pola klasterisasi ada 5 klaster, kemudian ada pola ring 1, 2 dan 3 itu sistem pola pengamanan kita,” katanya.

Untuk melancarkan pelaksanaan kegiatan pengawalan dan pengamanan World Water Forum ke-10 yang berlangsung 18 hingga 25 Mei 2024, TNI-Polri akan melaksanakan kegiatan latihan praoperasi, tactical floor game (TFG) gabungan TNI-Polri dan apel gelar pasukan.

Baca juga:  Laporan BPBD, Badung Paling Banyak Alami Kerusakan Bangunan

Satgas Densus 88 anti-teror juga sudah mulai bekerja di beberapa pintu masuk Bali seperti pelabuhan. Untuk Pelabuhan Padangbai akan dijaga Polres Karangasem dan Pelabuhan Gilimanuk akan dijaga ketat oleh Polres Jembrana.

Soelistijono mengatakan untuk memperlancar tugas, ribuan CCTV analitik sudah terhubung dengan Command Center ITDC Nusa Dua dan Command Center Polda Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN