Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. (BP/Dokumen)

JAKARTA, BALIPOST.com – Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat menteri kesehatan (Menkes) diisukan akan menduduki jabatan menteri keuangan (Menkeu) dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Isu yang beredar ini pun ditanggapi Menkes.

Ia mengaku ingin jadi menteri penerangan ketimbang Menkeu. “Kalau ada posisi kayak zamannya Pak Harto jadi Menteri Penerangan yang ngurusin wartawan, aku mau jadi Menteri Penerangan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Rabu (8/5) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Sero Survei : Sebanyak 99,2 Persen Masyarakat Indonesia Sudah Miliki Antibodi COVID-19

Saat ditanya lebih lanjut, Menkes Budi tidak mengiyakan maupun menepis isu tersebut.

“Itu kan pembicaraan teman-teman wartawan, yang memutuskan kan nanti presiden yang memilih,” ucapnya.

Menjelang usianya yang ke-60, Menkes Budi mengungkapkan dirinya justru ingin melakukan hal lain, seperti ingin mengikuti kejuaraan lomba lari marathon di Berlin, Jerman.

“Kenapa? Sebagai Menkes mesti kasih contoh, kan hidup sehat,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Menkes Budi memberikan saran kepada pemerintahan terpilih untuk tidak sembarang memilih Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan.

Baca juga:  UNESCO Tetapkan Pulau Belitong Sebagai Global Geopark

Ia menilai pendidikan dan kesehatan menjadi modal utama dalam menghadapi Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia harus meningkatkan pemasukannya dengan memaksimalkan bonus demografi yang ada, agar tidak menjadi negara kelas menengah selama-lamanya, atau terjebak dalam middle income trap.

Pendidikan dan kesehatan, kata dia, menjadi dua faktor penting dalam mewujudkan hal tersebut

“Jadi, Pak Prabowo, Pak Jokowi, pilih menteri apapun terserah, tapi Menteri Pendidikan dan Kesehatan jangan salah pilih,” kata Budi. (kmb/balipost)

Baca juga:  Densus 88 Kembali Tangkap 22 Orang Terduga Teroris
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *