Tangkapan layar-Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Sikap Publik Terhadap Putusan KPU, Persidangan MK, dan Isu Nasional’ yang dipantau secara daring dari Jakarta, Kamis (18/4/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Publik merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dan sebanyak 14,1 persen di antaranya merasa sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Demikian hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dengan menunjukkan 76,2 persen.

“Mayoritas responden, 76,2 persen, merasa cukup dan sangat puas dengan kerja Presiden Joko Widodo,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei bertajuk “Sikap Publik Terhadap Putusan KPU, Persidangan MK, dan Isu Nasional” yang dipantau secara daring dari Jakarta, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (18/4).

Baca juga:  Pertemuan AMM akan Bahas Zona Bebas Senjata Nuklir

Dia mengatakan, ada kenaikan 1,2 persen tingkat approval rating Jokowi jika dibandingkan dengan temuan Februari 2024. Pada Februari lalu, approval rating Jokowi berada di angka 75 persen, kini naik menjadi 76,2 persen.

Dari 76,2 persen approval rating Jokowi, menurut Djayadi, sebanyak 62,1 persen masuk dalam kategori cukup puas. Ada juga 14,1 persen yang menyatakan sangat puas. “Jika ditotal menjadi 76,2 persen,” ungkapnya.

Baca juga:  LSI : Elektabilitas PDIP Masih Posisi Teratas

Sementara yang menyatakan sebaliknya, ada 16,7 persen yang menyatakan kurang puas. Ada juga 6,3 persen yang masuk kategori tidak puas sama sekali.

Survei LSI turut merekam alasan tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi. Dia menilai alasan tertinggi karena pembangunan infrastruktur. “Angkanya mencapai 20,1 persen,” ujar Djayadi.

Alasan tertinggi kedua, yakni soal kinerja Jokowi yang mampu memenuhi ekspektasi publik. Angkanya, menurut Djayadi, mencapai 19,9 persen. “Ada juga sebanyak 19,5 persen yang puas karena Jokowi kerap memberikan bantuan kepada rakyat kecil,” katanya.

Baca juga:  Gempa Pasaman Barat, BRI Bangun “Posko BRI Peduli” Bantu Warga Terdampak

Survei LSI dilakukan dalam rentang 7 hingga 9 April 2024, menempatkan 1.213 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *