Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buleleng akan segera melakukan rekrutmen anggota dan petugas sekretariat panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) hingga anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada pelaksanaan Pilkada 2024. Perekrutan ini dimulai dari 17 April mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana menjelaskan pelaksanaan Pilkada serentak kali, KPU akan kembali melakukan perekrutan Badan Adhock yang akan bertugas. Hanya saja, untuk proses rekrutmen badan adhock itu, KPU Buleleng saat ini masih menunggu petunjuk tenis (juknis) dari KPU RI. “Kita saat ini masih menunggu Juknis dari KPU RI. Yang jelas akan ada perekrutan kembali,” terangnya.

Baca juga:  Pilkada Buleleng, Muncul 8 Nama Potensial Diusung PDIP

Dudhi pun menjelaskan, kuota perekrutan kali ini lebih sedikit dibandingkan dengan perhelatan Pilpres dan Pileg beberapa waktu lalu. Pihaknya pun sudah merancang jumlah TPS pada Pilkada 2024 mendatang hanya 1.135 TPS.

Dalam satu desa saat pilkada hanya ada 2 sampai 5 TPS tergantung nanti jumlah DPT di desa itu. “TPS nanti itu tergantung jumlah DPT di Desa,” terangnya.

Selain itu, KPU Buleleng juga akan kembali melakukan pemutahiran data pemilih pada Pilkada mendatang. Nantinya setelah badan adhock ini resmi dibentuk akan ada akan anggota pantarlih Kabupaten yang melakukan coklit langsung ke rumah-rumah penduduk dan para petugas ini akan menempelkan stiker di rumah warga yang telah selesai didata. “Data harus diperoleh secara obyektif dan faktual, antara data yang tercatat dengan realita di lapangan harus sesuai. Jangan sampai nama tercantum dalam catatan, tetapi orangnya tidak ada,” tandasnya. (Nyoman Yudha/balipost)

Baca juga:  Libatkan Ratusan Warga, KPU Buleleng Mulai Lipat Surat Suara
BAGIKAN