Suasana di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pihak Pelabuhan Padangbai, Karangasem menyiapkan puluhan kapal saat arus mudik menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Manager ASDP Padangbai Agusman, Minggu (31/3), mengungkapkan jumlah ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan. “Bila situasinya normal, trip tetap sama yaitu 13 per hari, jika ada lonjakan kita akan tambah jadi 18 trip. Tapi jika sampai membludak kita akan tambah jadi 24 trip, artinya seluruh kapal akan dioperasikan,” ujar Agusman.

Baca juga:  Puluhan Naker Migran dari Korea Pulang

Agusman mengatakan, upaya itu dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan maupun orang di pelabuhan. Dan seluruh kapal sudah dilakukan pemeriksaan dan semuanya dinyatakan layak untuk berlayar.

Sedangkan untuk dermaga yang ada di Pelabuhan Padangbai keduanya juga siap dioperasikan. “Nanti kita juga akan bangun beberapa tenda di sekitar pelabuhan supaya para pemudik yang sedang antre tidak kepanasan ketika siang hari. Selain itu juga akan ada beberapa pos dari instansi terkait,” jelasnya.

Baca juga:  KPU Bali Perpanjang Pendaftaran KPPS

Dia menjelaskan, pihaknya memprediksi jumlah penumpang mengalami kenaikan sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya. Hal itu tidak lepas dari mulai menggeliatnya sektor perekonomian di Bali. “Berdasarkan hasil rapat beberapa waktu yang lalu pemudik yang akan menyeberang di Pelabuhan Padangbai diprediksi akan meningkat,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *