Bandara Ngurah Rai kembali menambah konektivitasnya dengan India dengan beroperasinya Indigo Airlines rute Bengaluru-Denpasar-Bengaluru secara perdana pada Jumat (29/3). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bali menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan asal India. Selain memiliki kemiripan budaya, objek wisata yang memesona menarik banyak wisatawan dari negara tersebut. Bahkan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat jumlah kedatangan WNA India mencapai 67.979 orang hingga Februari.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, membenarkan tingginya kedatangan WNA asal India ke Bali. Bahkan, kedatangan mereka tercatat sebagai WNA terbanyak ke-3 yang datang ke Pulau Bali hingga bulan Februari.

Baca juga:  Di Tengah Pandemi COVID-19, Garap Sektor Pertanian Sampai Pelayanan Kesehatan

Bandara Ngurah Rai, kata Handy, kembali menambah konektivitasnya dengan India. Dengan beroperasinya Indigo Airlines rute Bengaluru-Denpasar-Bengaluru secara perdana pada Jumat (29/3). “Saat ini Bandara Ngurah Rai melayani dua rute langsung menuju India,” ucapnya.

Dikatakan, pembicaraan dengan Indigo Airlines telah berlangsung sejak 2023. Pesawat Indigo Airlines nomor penerbangan 6E1605 dengan tipe pesawat Airbus A320 dari Bengaluru mendarat perdana di Bandara Ngurah Rai pukul 09.30 WITA dengan mengangkut 183 penumpang.

Baca juga:  Pascadisapu Banjir, Jembatan Gelar Ikon Wisata Alam Batuagung Rampung Dibangun

“Pesawat tersebut dijadwalkan untuk kembali terbang menuju Bengaluru dengan nomor penerbangan 6E1606 pada pukul 11.20 WITA dengan mengangkut 162 orang. Rute ini dijadwalkan untuk melayani penerbangan satu kali setiap hari,” jelasnya.

Ia menjelaskan potensi pasar India masih besar sehingga penambahan rute ke negara itu akan memudahkan kedatangan wisatawan. “Kami menilai India merupakan emerging market (pasar yang sedang tumbuh) di Pulau Bali, sehingga kami harap penambahan rute ini semakin memberikan kemudahan bagi WNA India yang akan berkunjung ke Bali,” ungkap Handy, Jumat (29/3).

Baca juga:  Usai Tembak Istrinya, Karyawan Hotel Akhiri Hidup

Menurutnya, angka kedatangan WNA tertinggi sampai dengan Februari, masih diduduki Australia dengan jumlag 217.262 orang. Selanjutnya WN China tercatat menjadi yang terbanyak kedua, sebanyak 94.542 orang.

“WNA India dengan jumlah kedatangan mencapai 67.979 orang, tercatat sebagai WNA terbanyak ke-3 yang datang ke Pulau Bali hingga bulan Februari,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *