Gedung Rektorat UI (BP/Ant)

DEPOK, BALIPOST.com – Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh EduRank 2024, Universitas Indonesia (UI) berada di posisi teratas di Indonesia dan mengalami kenaikan peringkat di level Asia dan dunia.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro di kampus UI Depok, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (15/3), menilai prestasi ini hasil kerja keras atas keseriusan UI dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di tingkat global.

Ia mengatakan, sivitas akademika UI tidak lagi berorientasi menghasilkan banyak publikasi, tetapi meningkatkan kualitasnya. Banyaknya sitasi pada penelitian-penelitian UI menjadi bukti bahwa UI turut berperan dalam menghadirkan solusi permasalahan dunia.

Baca juga:  Cuaca Wilayah Indonesia Dipengaruhi Siklon Tropis Surigae

Selain itu, pendidikan berkualitas yang diberikan UI berpengaruh terhadap kontribusi para alumni UI di tengah masyarakat luas.

Pemeringkatan EduRank 2024 ini diikuti oleh 14.131 universitas dari 183 negara. Di tingkat Asia, peringkat UI naik dari 92 menjadi 88, sementara di tingkat global, naik dari 562 menjadi 531.

Sedangkan di tingkat Asia Tenggara, UI menempati posisi enam. Kenaikan peringkat UI tersebut didasarkan pada tiga indikator, yakni hasil penelitian (45 persen), reputasi non-akademik (45 persen), dan pengaruh alumni (10 persen).

Baca juga:  Pemerintah Selidiki Status Pengungsi Rohingya

Pada indikator hasil penelitian, UI masuk dalam Top 50 persen pada 198 topik penelitian. Tercatat ada 53.903 publikasi akademik dengan 207.063 sitasi di 13 bidang keilmuan.

Dari keseluruhannya, UI menempati posisi 1 di Indonesia untuk 10 bidang ilmu, yakni Liberal Arts & Social Sciences, Medicine, Biology, Chemistry, Computer Science, Psychology, Business, Mathematics, Economics, dan Art & Design.

Untuk jumlah publikasi terbanyak, ada di bidang ilmu Liberal Arts & Social Sciences (3.917), Medicine (3.155), dan Biology (2.718), sementara jumlah sitasi terbanyak ada di bidang ilmu Environmental Science (17.984 sitasi dari 2.415 publikasi), Computer Science (14.299 sitasi dari 1.891 publikasi), dan Engineering (16.670 sitasi dari 2.009 publikasi).

Baca juga:  Masih Banyak Rakyat Miskin, Salah Siapa?

Pada indikator reputasi non-akademik, EduRank menggunakan pendekatan yang sama dengan Google dan mesin pencari modern lainnya untuk menghitung reputasi website dan tautan ke laman universitas dari situs lain.

Mereka juga menggunakan data dari Ahrefs sebagai sumber dengan indeks halaman dan tautan yang tersedia.

Sementara itu, pada indikator alumni, UI berada di peringkat 166 dunia, peringkat 29 di Asia, dan peringkat 1 di Indonesia berdasarkan agregat alumni terkemuka. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *