Bupati Karangasem I Gede Dana, didampingi Kepala UPT PAM Provinsi Bali Ida Bagus Raka Surya Atmaja, Direktur PDAM Tirta Tolangkir, Kepala Dinas PUPR, Camat Abang, BPPW Bali (Balai Permasyarakatan Pemukiman Wilayah) meninjau pengecekan langsung ke lokasi reservoir, Kamis (7/3) lalu. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem tersenyum lega, karena kini bisa dengan mudah mendapatkan air bersih. Hal itu menyusul mulai mengalirnya air bersih dari Telaga Waja ke wilayah tersebut.

Atas kondisi itu, warga pun mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Karangasem karena telah memudahkan masyarakat terkait pemenuhan air bersih.

Bupati Karangasem I Gede Dana, didampingi Kepala UPT PAM Provinsi Bali Ida Bagus Raka Surya Atmaja, Direktur PDAM Tirta Tolangkir, Kepala Dinas PUPR, Camat Abang, BPPW Bali (Balai Permasyarakatan Pemukiman Wilayah) meninjau pengecekan langsung ke lokasi reservoir, Kamis (7/3) lalu.

Baca juga:  Akhirnya, Desa Sekartaji Miliki Sumber Air Bersih Sendiri

Bupati Karangasem I Gede Dana mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan terkait pendistribusian air itu. Peninjauan pertama dilakukan pengecekan volume air resevoir RD1P A B RaD-Datah KAPT: 700m3 (jumlah  volume  air yang ditampung sekitar 100.000 liter untuk pemenuhan 80 pelanggan. Pelanggan yang ada diperkirakan membutuhkan volume air sebanyak 1000 M3.

Bak penampungan air itu kiranya dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dan ter integrasi untuk pemenuhan air tersebut. Bak penampungan akan terisi air kembali melalui kapasitas mesin yang sudah memadai.

Baca juga:  Karena Ini, Puluhan Siswa di SMPN 2 Amlapura Tak Ikut PTM

“Jadi, tinggal disambungkan dengan listrik saja, ini tidak seperti dulu menggunakan fasilitas mesin berbahan bakar solar. Mesin itu bantuan Provinsi atas usulan dari Pemerintah Kabupaten Karangasem,” ucapnya.

Bupati Gede Dana mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan untuk bisa memastikan bagaimana teknis penyaluran pendistribusian pemanfaatan Air Telaga Waja dan bagaimana teknis pengelolaannya serta pemeliharaannya agar benar-benar terjaga, terutama terkait pemenuhan kebutuhan air, khususnya di Kabupaten Karangasem.

“Setelah itu, kita lanjutkan pengecekan volume Air resevoar RD 2 kapasitas Penampung berkisar 200 M3,  selanjutnya sambil berjalan kaki menurun relatif terjal, lalu  mengecek sambungan SR di rumah penduduk. Air itu disalurkan melalui keran PAM yang telah dipasang. Air mengalir deras sekali,” katanya.

Baca juga:  Warga di Sejumlah Desa di Manggis Kesulitan Air Bersih, Layanan Perumda Tirta Tohlangkir Terganggu

Salah seorang warga I Nyoman Sandi, didampingi I Gede Karsa mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem atas mengalirnya air Telaga Waja ke wilayahnya. “Pemerintah telah berupaya membantu  memudahkan kami masyarakat memenuhi kebutuhan air, pada hari Kamis Tanggal 7 Maret Tahun 2024 di Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem,” ujarnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN