Warga menyalurkan hak pilihnya di salah satu TPS, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Tercatat ada tujuh perwakilan dari Kabupaten Karangasem yang melenggang duduk di kursi DPRD Provinsi Bali pada Pemilu 2024 ini. Dari tujuh calon yang lolos tersebut, PDI Perjuangan merebut kursi terbanyak, dua diantaranya merupakan pendatang baru.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karangasem telah menggelar pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pleno selesai pada Minggu (3/3) pagi.

Dari hasil penghitungan suara, formasi DPRD Provinsi Bali dapil Karangasem meloloskan tujuh orang wakilnya. Dari tujuh orang yang lolos itu, PDI Perjuangan mampu meloloskan kadernya terbanyak dengan merebut tiga kursi. Sisanya direbut Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Gerindra, Demokrat, dan Golkar.

Baca juga:  Dukung Koster-Ace Dua Periode, Pembangunan Dirasakan Rakyat, Bawa Bali Era Baru Seutuhnya

Perolehan suara PDIP sebanyak 126.210 suara. Nama calon legislatif yang mendapatkan suara terbanyak yakni Ni Kadek Darmini sebanyak 34.726 suara. Lalu disusul Putu Suryandanu Willyan R mencapai 31.698 suara. Dan terakhir, I Nyoman Oka Antara sebanyak 23.136 suara.

Ni Kadek Darmini serta Nyoman Oka Antara adalah petahana. Sedangkan Putu Suryandanu Willyan Richard adalah pendatang baru. Anak Bupati Karangasem, Gede  Dana, ini mampu menyingkirkan Nyoman Purwa Ngurah Arsana yang memperoleh  suara sebanyak 14.514.

Baca juga:  ASN Gianyar Tandatangani Pakta Integritas Bijak Bermedsos dan Netral Pada Pemilu 2024

Perolehan suara Gerindra secara keseluruhan mencapai 40.196. Caleg dengan suara adalah Nyoman Suyasa dengan 27.778 suara. Untuk  perolehan suara Nasdem secara keseluruhan sekitar 38.201 suara. Caleg suara terbanyak I Gusti Ayu Mas Sumantri, Bupati periode 2015 – 2020, dengan peroleh 26.034 suara.

Sedangkan Partai Golongan Karya  mendapat suara keseluruhan sekitar 46.629. Perolehan kursi terbanyak yakni Ni Putu Yuliartini sekitar 20.046.

Terakhir, Demokrat memperoleh suara keseluruhan 30.932. Caleg suara terbanyak yakni I Komang Wirawan yang mendapat suara 26.697 suara.

Baca juga:  Survei LSI : Elektabilitas Paslon Ini Unggul

Ketua DPC PDI Perjuangan, I Gede Dana mengatakan yang sudah pasti lolos dari PDI Perjuangan sebanyak tiga orang. “Ya, PDI Perjuangan mampu meloloskan tiga orang duduk ke DPR Provinsi Bali,” ucapnya belum lama ini. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN