Pengambilan sampah di salah satu desa di Jembrana. Volume sampah pada hari Raya Galungan dipastikan meningkat antara 10 hingga 15 persen dari rata-rata hari normal. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana menyiapkan personil dan armada untuk pengangkutan sampah yang dipastikan meningkat pada Hari Raya Galungan. Diperkirakan ada kenaikan volume sampah harian sekitar 10 persen hingga 15 persen dari rata-rata harian.

Kepala Dinas LH Kabupaten Jembrana, Dewa Gde Ary Candra Wisnawa, Kamis (29/2), mengatakan, untuk rata-rata harian sampah yang diangkut dari Pekutatan hingga Gilimanuk mencapai 50 sampai 60 ton. Sedangkan untuk hari Raya Galungan diperkirakan meningkat menjadi 55 hingga 66 ton. “Ada peningkatan perkiraan kami sekitar 10 sampai 15 persen, kami siagakan personil untuk mengangkut mulai hari ini,” terangnya.

Baca juga:  Agar Fokus Perangi Sampah, Penjabat Perbekel Dilantik di Bank Sampah

Selain dari Dinas langsung ke kontainer atau TPS3R, pengambilan juga dari masing-masing Desa/Kelurahan yang telah memiliki kerjasama dengan pola terjadwal.

Sehingga sampah ini diambil langsung ke rumah-rumah warga sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Volume sampah pasca hari raya Galungan dipastikan meningkat. Dengan kegiatan dan keperluan pada saat hari raya dan libur Umanis. Terutama di pasar-pasar musiman dan pusat keramaian juga dipastikan ada kenaikan volume sampah. (Surya Dharma/Balipost)

Baca juga:  Warga Bali Meninggal Tertular COVID-19 Bertambah, Hari Ini Terbanyak dari Tabanan
BAGIKAN