Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E., M.M, membuka Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024, Sabtu (24/2). (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E., M.M, membuka Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024, Sabtu (24/2). Kegiatan ini digelar di seputaran areal Gedung Marya, Taman Bung Karno hingga Jalan Gajah Mada, Tabanan.

Festival tahunan ini, merupakan inisiasi dari orang nomor satu di Tabanan yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terutama Sekaa Yowana yang mengikuti perlombaan ogoh-ogoh.

Penilaiannya telah dimulai sejak 22 Februari hingga 26 Februari 2024 selama 5 hari. Pelaksanaan Festival Ogoh-Ogoh Singasana Tahun 2024 bedasarkan lomba yang diselenggarakan sebagai pilot project Kecamatan Tabanan ini mengambil tema “Nyomya Bhuta Kala Nyanggra Nawa Warsa Icaka 1946 Nyujur Paduraksa Jayaning SIngasana”.

Baca juga:  Dukung Pertanian Organik, Manfaatkan Lahan Pekarangan

Terdapat 12 peserta dari 12 desa dinas yang ada di Kecamatan Tabanan ikut dalam festival ini berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada 23 Februari. Juara pertama diraih oleh Yowana dari Desa Subamia yang memenangkan hadiah sebesar 10 juta rupiah.

Kemudian juara kedua, yakni Yowana Desa Delod Peken dengan hadiah sebesar 7,5 juta rupiah dilanjutkan dengan juara Ketiga, yakni dari Yowana Desa Denbantas dengan hadiah sebesar 5 juta rupiah. Selanjutnya pada festival kali ini akan ditentukan kejuaraan khusus dari Juri kehormatan, yakni kategori Juara Terfavorit pilihan Bupati Tabanan, Juara terunik pilihan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan dan Juara Terkreatif pilihan Wakil Bupati Tabanan yang memperoleh hadiah sebesar 5 juta rupiah.

Baca juga:  Gak Cuma Makanan, Kini Bayar Samsat di Tabanan Juga Bisa "Drive Thru"

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi atas turut sertanya seluruh lapisan masyarakat dalam memeriahkan kegiatan tahunan menyambut Hari Raya Nyepi ini. “Kita di Pemerintah Era Baru ini, banyak parade yang akan kita lakukan, seperti kemarin ada lampion dan parade nusantara, Parade Imlek dan lain-lain. Semua kita parade-kan, sehingga masyarakat Tabanan menjadi riang gembira, menyambut Tabanan Era Baru ini,” ujarnya.

Di kesempatan yag sama, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan, I Made Yudiana mengatakan kegiatan ini merupakan peran serta dan inisasi yang luar biasa dari Bupati Tabanan. “Mewakili para yowana, kami menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Bupati atas ruang, waktu dan pendanaan yang telah diberikan. Sehingga kreatifitas anak muda di Tabanan dapat terwadahi seperti saat ini,” jelasnya.

Baca juga:  Bupati Sanjaya Cek PJJ, Ini Katanya Soal PTM di Tabanan

Dalam memeriahkan kegiatan ini, di seputaran Taman Bung Karno juga dilaksanakan berbagai pameran UMKM dan aneka kuliner. Juga, disediakan hiburan seperti joged, pementasan seni hingga penampilan grup band mulai dari 22 hingga 25 februari 2024. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *