Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto (dua kanan) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) berjabat tangan selepas upacara serah terima jabatan menko polhukam di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Hari pertama resmi menjadi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto langsung mengadakan rapat bersama jajaran deputi dan pejabat bidang pertahanan dan keamanan.

Hadi resmi menerima jabatan Menko Polhukam RI dari Tito Karnavian yang sebelumnya bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt.) Menko Polhukam selepas jabatan itu kosong karena Mahfud Md mengundurkan diri.

Keduanya mengikuti upacara serah terima jabatan Menko Polhukam di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta, Rabu.

Dalam upacara itu, keduanya meneken dokumen berita acara disaksikan sejumlah pejabat bidang pertahanan dan keamanan, di antaranya Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn.) M. Herindra, Wakil Kepala Kepolisian Negara RI (Wakapolri) Komjen Pol. Agus Andrianto, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, Menpan RB Azwar Anas, Jaksa Agung ST Burhanudin, dan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto.

Baca juga:  Pilwali 2020, KPU Denpasar Usulkan Rp 25 Miliar

Setelah acara itu usai, para pejabat tersebut satu per satu bersalaman memberikan selamat kepada Hadi Tjahjanto, diikuti oleh pejabat eselon I Kemenko Polhukam, di antaranya Sekretaris Menko (Sesmenko) Polhukam Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dan Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo.

Selepas bersalaman dan berfoto bersama, Hadi bersama rombongan langsung masuk ke ruang rapat untuk arahan terakhir (exit briefing) dari Tito dan arahan awal (entry briefing) dari Hadi Tjahjanto ke jajaran pejabat Kemenko Polhukam.

Baca juga:  DPRD Bali Gelar Rapat Paripurna Terkait Raperda Penyeratan Modal Daerah

Setelah rapat selama beberapa menit, Hadi dan Tito bersama-sama mengadakan jumpa pers menyampaikan prioritas kerja Menko Polhukam selama beberapa bulan ke depan, diantaranya terkait menjaga situasi tetap kondusif selepas pemungutan suara Pemilu 2024 dan memastikan kerja satuan tugas (satgas) yang bernaung di bawah Kemenko Polhukam rampung, termasuk di antaranya Satgas BLBI.

Presiden RI Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Jakarta, Rabu. Hadi dilantik bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN.

Baca juga:  Mahfud Nyatakan Ingin Mundur dari Kabinet, Ini Reaksi Presiden

Selepas acara pelantikan, Hadi di hadapan wartawan menyampaikan Presiden menginstruksikan dia untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta memelihara iklim investasi agar tetap kondusif. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN