Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) serta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DiskopUKMP) setempat berkolaborasi menggelar Pasar Murah dan Badung Promo Tani selama dua hari mulai 20-21 Februari 2024. (BP/Par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) serta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DiskopUKMP) setempat berkolaborasi menggelar Pasar Murah dan Badung Promo Tani. Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan bertempat di selatan Lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Selasa (20/2).

Kegiatan yang akan digelar selama dua hari mulai 20-21 Februari 2024 dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana mewakili Bupati Badung, Kepala Bidang DiskopUKMP I Ketut Antara mewakili Kepala DiskopUKMP Badung, Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara, Ketua DWP Kabupaten Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, serta Ketua WHDI Kabupaten Badung Ni Ketut Suas Isyudayani.

Baca juga:  Ini, Sebab Harga Cabai Meroket

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana mengungkapkan, terdapat puluhan UMKM yang ikut dalam kegiatan ini yang menampilkan produk binaan DiskopUKMP dan juga produk dari petani maupun peternak lokal Kabupaten Badung. Kegiatan ini mengambil waktu sepekan menjelang Galungan, mengingat harga sejumlah kebutuhan upacara cenderung naik menjelang hari raya besar.

“Kegiatan Pasar Murah dan Promo Tani ini dalam rangka menyambut hari raya Galungan dan Kuningan. Sebagaimana diketahui, setiap menjelang hari raya besar seperti Galungan, beberapa kebutuhan hari raya mengalami peningkatan harga. Sehingga ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan harga dan menekan laju inflasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Rayakan Galungan, Umat Hindu Diminta Taat Prokes dan Tidak Jor-joran

Kegiatan Pasar Murah dan Promo Tani yang dilaksanakan menjual produk pertanian dan peternakan hasil produksi petani Badung yang merupakan kebutuhan saat hari raya Galungan mendatang. Selain itu, ada juga produk olahan yang dijual oleh pelaku UMKM. Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat yang datang bisa mendapatkan barang yang lebih murah dan berkualitas.

“Melalui gerakan Pasar Murah dan Promo Tani ini kami harapkan bisa memberikan produk-produk pertanian dan UMKM yang lebih terjangkau kepada masyarakat,” terang Wijana.

Baca juga:  Kroser Diva Persiapan Kejurnas

Ditambahkan oleh Kepala Bidang DiskopUKMP Badung, I Ketut Antara, ada sekitar 30 UMKM baik dari binaan DiskopUKMP maupun UMKM pertanian dan peternakan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan Pasar Murah dan Promo Tani ini diharapkan bisa menjaga stabilitas harga menjelang hari raya.

“Dengan terlaksananya Pasar Murah dan Promo Tani ini mudah-mudahan dapat menjaga stabilitas harga yang sekarang semakin meningkat menjelang hari raya. Hal ini sejalan dengan imbauan Bupati, di mana kami diharapkan bisa menekan laju inflasi harga kebutuhan pokok agar bisa stabil,” katanya.(Adv/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *