Ketua DPC PDIP Tabanan, Komang Gede Sanjaya (tengah) memaparkan perolehan suara PDIP di Tabanan, Sabtu (17/2). (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Julukan sebagai “Kandang Banteng” rupanya masih bisa dipertahankan oleh PDIP Kabupaten Tabanan pada Pemilu 2024 kali ini. Selain mampu memenangkan perolehan suara 58,74 persen atau mendekati 60 persen untuk pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres, raihan kursi DPRD Tabanan juga bertambah 3, dari sebelumnya 28 menjadi 31 kursi.

Ketua DPC PDIP Tabanan, Komang Gede Sanjaya didampingi Nyoman Kartika selaku Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP Tabanan cabang Tabanan, Sabtu (18/2) di kantor DPC PDIP Tabanan mengatakan kemenangan perolehan suara Pilpres merata di 10 kecamatan, berdasarkan data sebanyak 99 persen yang telah terinput.

Baca juga:  Diduga Tanah Pemkab Tabanan Diklaim Warga, Satpol PP Lakukan Pengecekkan

Selain itu, PDIP berhasil melampaui target raihan kursi di DPRD dengan mengunci 31 dari kuota 40 kursi yang tersedia. Tiga kursi tambahan ini merupakan milik Partai Nasdem pada Pemilu sebelumnya.

Sanjaya menyatakan bahwa hasil ini membuktikan Tabanan mampu menunjukkan ‘taringnya’ dalam dinamika politik. “Kandang banteng terbukti di Kabupaten Tabanan, indikatornya adalah perolehan kursi, dari target 28 raihan kursi ternyata bisa lebih dari target,” ujarnya.

Baca juga:  Terkait BLT Dampak COVID-19, Dewan Desak Segera Buatkan Regulasi

Sanjaya memaparkan rincian hasil perolehan kursi yang menunjukkan peningkatan di setiap dapil. Dapil 1 (Tabanan-Kerambitan) naik 1 kursi, Dapil 2 (Pupuan dan Selemadeg Raya) mempertahankan 8 kursi, Dapil 3 (Penebel dan Baturiti) menambah 1 kursi, dan Dapil 4 (Marga dan Kediri) meningkat 1 kursi menjadi 9 kursi.

Sanjaya menjelaskan bahwa kepercayaan masyarakat kepada PDIP kemungkinan saja dipengaruhi oleh faktor pembangunan infrastruktur dan fasos-fasum yang selama ini telah berjalan baik di Tabanan. “Betul-betul amanah partai sudah bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Ribuan Guru Honorer di Tabanan Berkesempatan Isi Kuota P3K
BAGIKAN