Pencoblosan di TPS 24 Rutan Negara pada 2020. (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Pemilihan Umum Serentak di Kabupaten Jembrana menetapkan 898 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 5 Kecamatan. Satu merupakan TPS lokasi khusus yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

TPS khusus ini akan nantinya menempatkan KPPS dari para petugas Rutan. Dari data hingga Minggu (11/2), di Rutan Kelas IIB Negara ada 185 Warga Binaan yang sebagian besar akan menggunakan hak pilihnya.

Baca juga:  Ini Rincian TPS Paslon Pilbup Jembrana

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Negara, I Nyoman Tulus Sedeng, Minggu mengatakan mulai Senin (12/2) ini persiapan pembuatan TPS akan dilakukan. Berada di areal rumah tahanan, seluruh anggota KPPS pada TPS khusus ini adalah petugas dari Rutan.

“Saat ini ada 185 WBP. Sedangkan yang terdata DPT kertas suara 138 pemilih. Ada selisih kekurangan, nanti surat suara disiapkan dari TPS terdekat,” terangnya.

Baca juga:  Ini Penampakan TPS Pergung yang Diubah Jadi Taman

Untuk kekurangan sekitar 47 orang, surat suara akan disuplai dari beberapa TPS terdekat di sekitar Rutan.

Ketua PPK Negara, I Made Suarnayasa mengatakan untuk kekurangan surat suara di TPS khusus yang berdasarkan DPTb ada tambahan sekitar 40 an orang akan diambilkan dari TPS terdekat yakni TPS  4,5,6 dan 7. Surat suara itu nantinya akan diambilkan dari pemilih yang sudah tidak aktif ditambah dengan surat suara cadangan.

Baca juga:  Masuk Materi Gugatan PHPU, Hasil Pemungutan Suara di TPS 35 Abiantuwung Dibuka

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, selain TPS khusus yang KPPS-nya seluruhnya petugas rutan, di Kecamatan Negara juga akan ada TPS yang seluruh KPPS-nya Perempuan. TPS 9 desa Berangbang yang mengambil tempat di SD Negeri 2 Berangbang. Bukan saja KPPS yang Perempuan, namun juga dari unsur linmas yang ikut menjaga adalah Perempuan. TPS ini menampung sekitar 200-an pemilih. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *