Namun, pihak Istana Kepresidenan RI membantah isu tersebut dengan menegaskan seluruh menteri kabinet Jokowi tetap solid menjelang pemilu 2024. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/2/2024). (BP/Ant)

JAKARTA BALIPOST.com – Kondisi Kabinet Indonesia Maju saat ini solid dan baik-baik saja di tengah isu dirinya mengundurkan diri dari kabinet Pemerintahan Joko Widodo.

“Kabinet baik-baik saja. Solid,” jawab Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat ditanya awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (6/3).

Retno menjelaskan bahwa dirinya pun berkomunikasi dengan baik bersama para menteri di kabinet.

Seakan menepis isu dirinya akan mengundurkan diri dari jabatan Menteri Luar Negeri yang sudah diembannya sejak 2014 itu, Retno memberikan pertanyaan balik kepada awak media.

Baca juga:  AccorHotels-Kemenpar Lanjutkan Kerjasama

Retno juga menjawab secara tidak langsung bahwa ia bekerja dengan komitmen serta intensitas yang padat.

“Percaya enggak? Sekarang aku tanya percaya enggak dengan intensitas saya bekerja seperti ini, percaya enggak?. Makanya aku tanya dengan intensitas pekerjaan saya seperti ini, komitmen untuk bekerja. Kira-kira percaya enggak?,” kata Retno dengan nada tanya.

Di tengah isu akan mengundurkan diri dari kabinet, Menlu Retno disebut sedang sibuk dengan berbagai agenda kegiatan di luar negeri, berdasarkan keterangan Juru Bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal pada Minggu (4/2).

Baca juga:  Gubernur Koster Ajak KONI Solid Majukan Prestasi Olahraga di Bali

Adapun kabar mengenai rencana mundurnya beberapa menteri pertama kali diutarakan oleh ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri, pertengahan Januari lalu.

Menurut dia, alasan rencana mundurnya sejumlah menteri seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono karena mereka merasa tidak nyaman dengan Jokowi, berkaitan dengan pemilu 2024.

Isu mundurnya Menlu Retno semakin santer ketika Presiden Jokowi menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Luar Negeri ad interim pada 21-22 Januari 2024.

Baca juga:  G20 Berikan Efek Berantai Terhadap Sejumlah Sektor

Penunjukan Budi Arie sebagai menlu ad interim dikarenakan Retno harus melakukan perjalanan ke New York, AS untuk menghadiri debat Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina, sementara pada saat yang bersamaan Wamenlu Nugraha Mansury juga sedang berada di Kampala, Uganda guna menghadiri KTT ke-19 Gerakan Non Blok. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *