Prangko Tahun Naga Kayu 2575 telah diterbitkan oleh PT Pos Indonesia sejak 2 Februari 2024. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Untuk menyambut tahun kemakmuran yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa akan dialami di tahun 2024, PT Pos Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menerbitkan prangko Tahun Naga Kayu 2575.

“Tahun 2024 menurut penanggalan Tionghoa adalah Tahun Naga Kayu 2575 yang merupakan tahun kemakmuran dan pertumbuhan,” kata Manajer Layanan Pelanggan dan Pemasaran Sri Emelda dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (4/2).

Ia menjelaskan, prangko Tahun Naga Kayu 2575 telah terbit sejak 2 Februari 2024 dan terdiri atas sampul hari pertama (SHP), prangko mini sheet dan prangko full sheet.

Baca juga:  20 Karyawan Kemenkeu Jadi Korban Pesawat Jatuh, Menkeu Sampaikan Belasungkawa

Adapun penerbitan prangko ini juga merupakan apresiasi dari budaya penanggalan tradisional Tionghoa dan beberapa budaya Asia Timur lainnya, atau yang biasa dikenal sebagai shio.

“Tahun ini diprediksi akan menjadi tahun yang penuh kemakmuran dan pertumbuhan bagi semua orang, termasuk bagi mereka yang ber-shio Naga. Naga adalah simbol kekuatan, kekuasaan, dan keberuntungan,” ucap Sri.

Sedangkan kayu, menurut kepercayaan Tionghoa, adalah simbol kesuburan, pertumbuhan, dan kreativitas.

“Perpaduan antara naga dan kayu menciptakan tahun yang penuh potensi dan peluang. Bagi orang-orang yang ber-shio naga, tahun ini akan menjadi tahun yang sangat baik untuk mencapai kesuksesan,” tuturnya.

Baca juga:  Tiga Hal Utama Ini Jadi Kekhawatiran Negara-negara di Dunia

Shio mengacu pada 12 binatang yang melambangkan tahun-tahun dalam siklus 12 tahunan. Setiap tahun diwakili oleh satu dari 12 shio yang disusun secara berurutan, mulai dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Setiap shio memiliki karakteristik khusus, keberuntungan, dan sifat-sifat tertentu yang diyakini memengaruhi seseorang yang lahir dalam tahun tertentu. Selain itu, shio juga dapat dihubungkan dengan unsur-unsur alam (kayu, api, tanah, logam, dan air) yang memberikan dimensi tambahan dalam interpretasi keberuntungan dan kepribadian seseorang.

Baca juga:  Pemerintah Usulkan Perubahan Beberapa Substansi RKUHP

Sri menambahkan, orang-orang yang ber-shio naga juga diyakini akan memiliki energi dan semangat yang kuat untuk mengejar impian mereka, serta mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar.

“Secara umum, Tahun Naga Kayu 2575 akan menjadi tahun yang positif bagi semua orang. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai proyek baru, berinvestasi, dan mengembangkan diri, tetapi tentu saja, ramalan ini hanya gambaran umum, setiap orang akan mengalami tahun ini dengan cara yang berbeda-beda, tetapi secara umum, tahun ini akan menjadi tahun yang positif bagi semua orang,” ujar Sri. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *