Presiden Joko Widodo. (BP/iah)

WONOGIRI, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo mengonfirmasi rencana pertemuannya dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD di Jakarta pada Kamis (1/2).

Hal ini disampaikan Presiden usai meninjau stok dan harga bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah.

“Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,” kata Jokowi di sela-sela kegiatannya meninjau stok dan harga bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, pada Kamis.

Baca juga:  Jelang Libur Iduladha, Antrean di Pelabuhan Gilimanuk Capai Hampir 2 Kilometer

Pertemuan itu disiapkan guna merespons permintaan Mahfud MD yang ingin menyerahkan secara langsung surat pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam kepada Presiden Jokowi.

Jokowi sendiri menyatakan sangat menghargai keputusan Mahfud untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya.

“Ya itu hak demokrasi,” tutur Jokowi dipantau dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Mahfud MD mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menko Polhukam, Rabu 31 Januari 2024.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Alami Kenaikan

Pengunduran diri itu berkaitan kontestasi Pilpres 2024 karena Mahfud merupakan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 mendampingi Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Dalam pernyataannya, Mahfud mengatakan bahwa surat pengunduran diri akan disampaikan secara langsung begitu dirinya mendapat jadwal bertemu dengan Presiden Jokowi.

Mahfud menyatakan dirinya mundur dari jabatan menteri setelah 4,5 tahun mengabdi karena alasan perbedaan politik, dan tidak ingin mengganggu jalannya pemerintahan.

Baca juga:  Dulang Suara Rakyat di Pilgub Bali, Reklamasi Teluk Benoa Jadi "Komoditi" Politik

Terkait kapan proses pergantian dan siapa penggantinya, Mahfud menyatakan bahwa itu tergantung dari hasil pertemuan dengan Presiden.

Karena itu, dirinya harus bertemu langsung dengan Presiden Jokowi perihal pengunduran diri sebagai Menko Polhukam, dan itu sebagai etika dan rasa hormat terhadap Presiden. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN