Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya saat melakukan gerakan kebersihan lingkungan Pantai Kuta, Jumat (26/1). (BP/Win)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sebagai salah satu wajah pariwisata Bali, Pantai Kuta menjadi salah satu destinasi unggulan bagi pariwisata Bali. Untuk itu, kebersihan, kenyamanan serta keamanannya menjadi perhatian bersama dan harus dijaga agar Pantai Kuta selalu indah, bersih, aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Harapan tersebut disampaikan Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya saat memberikan arahan pada acara gerakan kebersihan lingkungan pantai dalam rangka kolaborasi gerakan kebersihan lingkungan bersama Pemerintah Provinsi Bali, TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Badung sebagai Implementasi Peraturan Gubernur Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut di Gedung Tsunami Center, Pantai Kuta, Badung, Jumat (26/1).

Baca juga:  Mengkhawatirkan, Harga Beras Naik Lebih dari 20 Persen

Mahendra Jaya menyampaikan setelah pihaknya dan jajaran Forkopimda berkeliling berjalan kaki sepanjang Pantai Kuta masih ditemukan kios-kios yang rusak, kios-kios yang tidak digunakan sebagaimana fungsinya, tumpukan-tumpukan sampah hingga toilet yang belum berfungsi optimal. Hal ini tentu saja memberi kesan kumuh dan dapat mengurangi kenyamanan para wisatawan yang menikmati Pantai Kuta.

“Kesan saya setelah berkeliling, tempat yang sudah dibangun dan ditata sedemikian rupa, sekarang kesannya kumuh, banyak kios kosong, rusak dan banyak tumpukan sampah. Untuk itu saya harap, kios-kios bisa ditata kembali, kebersihan pantai dan fasilitasnya dijaga sehingga Pantai Kuta selalu bersih dan nyaman bagi para wisatawan,” tandasnya.

Baca juga:  Bersama Anak Panti Asuhan, Begini Cara Pangdam Rayakan Natal

Mahendra Jaya menekankan perlunya sinergitas seluruh komponen masyarakat baik itu jajaran kepolisian, pecalang, desa adat dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Kuta dan sekitarnya. Dengan demikian, para wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik dapat berwisata dengan nyaman dan aman dan mempunyai kesan baik selama berwisata di Kuta khususnya dan pulau dewata pada umumnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K.,S.H.,M.Hum., menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen menciptakan wilayah Kuta yang aman, tentram dan terkendali. Pihaknya akan melakukan mapping kembali dan mengambil langkah tindak lanjut terhadap permasalahan keamanan yang terjadi dan memperkuat sinergitas dengan para pecalang dan juga masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kuta.

Baca juga:  Anggota Ormas Main Pukul Pakai Airsoft Gun

Sementara itu, Bupati Badung , I Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwasannya pihaknya akan segera menggelar pertemuan dengan para pemangku kepentingan untuk melakukan pembahasan terkait penataan kembali wilayah Pantai Kuta. Sehingga tidak terkesan kumuh. Pihaknya juga akan terus meningkatkan sinergitas dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban sehingga Kuta akan tetap menjadi destinasi favorit para wisatawan. (Ketut Winata/Balipost)

BAGIKAN