SEMARAPURA, BALIPOST.com – Upaya penyelamatan alam Bali, harus menjadi dasar pemikiran para tokoh dan calon wakil rakyat Bali yang sedang maju sebagai calon legislatif.

Sebab, Bali saat ini sangat membutuhkan itu, untuk menghadapi berbagai perkembangan negatif, yang menggerus secara perlahan eksistensi alamnya.

Upaya penyelamatan alam Bali, harus dilihat dalam konteks sekala niskala, dengan melihat secara mendalam pada konsep Panca Maha Bhuta, sebagaimana diajarkan dalam Agama Hindu.

Baca juga:  Jelang Pemilu, Buleleng Petakan Wilayah Rawan Konflik

Budayawan asal Klungkung, Dewa Ketut Soma, Rabu, 24 Januari 2024 mengatakan penyelamatan alam Bali harus diperjuangkan  secara utuh, dengan menyelamatkan unsur Panca Maha Butha. Kelima unsur tersebut saat ini sedang mengalami tantangan yang semakin berat di Bali.

Menurut Dewa Soma, jika kelima unsur ini dapat dipelihara, maka ruang spirit alam Bali akan tetap terjaga, penghuninya akan sehat, dan mampu memberi vibrasi yang damai di Bali. Sebaliknya, jika dieksploitasi terus menerus, maka Bali akan semakin kehilangan titik seimbangan yang memicu banyak fenomena ekstrem. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Desa Adat Sangket Rencanakan Renovasi Pura Mengening

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *