Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (BP/Ant)

YOGYAKARTA, BALIPOST. com –  Dalam memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku tidak pernah memberikan arahan kepada keluarganya.

“Saya ini sama istri, sama anak pun tidak pernah saya arahkan kok karena dia punya hak sendiri secara asasi untuk menentukan pilihan. Terserah saja, nyoblos silakan, enggak silakan, itu urusan dia,” ujar Sultan HB X di Kepatihan, Yogyakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (24/1).

Baca juga:  Din Syamsuddin Deklarasikan Partai Pelita

Selain membebaskan keluarganya, Sultan yang juga Raja Keraton Yogyakarta itu bahkan menyebut istrinya selama ini tidak pernah mengetahui siapa capres yang ia pilih saat pemungutan suara.

“Istri saya pun tidak pernah tahu yang saya coblos nomor berapa dan siapa,” ucap Sultan.

Bagi Sultan, sekalipun di hadapan anak dan istrinya, dia tetap memegang prinsip bahwa pilihan politik pada pesta demokrasi lima tahunan itu merupakan hak masing-masing individu.

Baca juga:  Atlet PON Bali Cukup Berlatih di Rumah

“Karena bagi saya, itu hak-haknya individu-individu, biarpun itu anak, itu istri,” ujar Ngarsa Dalem, sapaan Sultan HB X. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *