Pohon tumbang merusak bangunan Bale Pesandekan dan sejumlah pelinggih di Pura Paibon Pasek Gelgel yang berlokasi di Desa Pertima, Kecamatan Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bencana pohon tumbang belakangan ini terus terjadi di Kabupaten Karangasem akibat hujan deras disertai dengan angin kencang. Pada Kamis (11/1), sebuah pohon menimpa Bale Pesandekan dan sejumlah pelinggih di Pura Paibon Pasek Gelgel, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, hingga rusak berat.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Jumat (12/1) mengungkapkan, bencana pohon tumbang terjadi sekitar pukul 16.15 WITA. Pohon tumbang disebabkan angin kencang.

Baca juga:  Hujan Lebat dan Angin Kencang, Dua Pohon Tumbang di Klungkung

“Pohon tumbang menimpa bangunan Bale Pesandekan dan Pelinggih Pura Paibon Pasek Gelgel, yakni Meru Tumpang Telu, Gedong Sari, Bale Pelik, Bale Pawedaan dan Taksu. Tim sudah melakukan penanganan ke lokasi bersama warga setempat. Akibat kejadian itu, kerugian yang dialami pengempon kurang lebih sekitar Rp 70 juta rupiah,” ucapnya.

Dia menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada bencana alam pohon tumbang, tanah longsor dan bencana yang lainnya. Terlebih belakangan ini hujan mulai sering turun. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dahan Beringin Timpa Bangunan Pura Penataran Erjeruk, Dua Orang Luka
BAGIKAN