Petugas BPBD Karangasem melakukan penanganan pohon tumbang. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Karangasem mengakibatkan bencana pohon tumbang terjadi di Banjar Dinas Karangsari Kelod, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (7/1). Pohon tumbang menimpa bangunan rumah milik warga hingga mengalami rusak berat.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Senin (8/1) mengungkapkan, jenis pohon yang tumbang itu adalah pohon cempaka. Pohon tumbang tersebut menimpa rumah bangunan rumah milik warga bernama Nyoman Simpen Arta hingga rusak berat. “Selain menimpa rumah, pohon juga menutup akses jalan,” ucapnya.

Baca juga:  Pohon Tumbang, Lalin Singaraja-Denpasar Terganggu

Arimbawa, mengatakan, pohon tumbang disebabkan akibat dilanda hujan deras ditambah dengan akar pohon yang sudah lapuk. Kata dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, semua penghuni rumah selamat, hanya mengalami kerugian materiil.

“Kemarin tim sudah melakukan evakuasi terhadap pohon, tapi belum bisa dituntaskan karena sudah mulai malam sehingga penanganan kembali dilakukan hari ini. Dan saat ini pohon sudah selesai ditangani. Untuk kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” katanya.

Baca juga:  Dugaan Korupsi Bedah Rumah di Tianyar, Lima Tersangka Ditetapkan Langsung Ditahan

Salah seorang warga, Bawa mengatakan, kalau pohon cempaka tersebut dikeramatkan oleh warga. Pada batang pohon sejak dulu dipasangi kain. Bahkan, di dekat pohon tersebut telah dibangun sebuah pelinggih. “Dari cerita, dulu pohon cempaka ini sempat mau dirobohkan waktu pelebaran jalan, tapi gagal karena alat berat tiba- tiba mati, ” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN