Petugas sedang melakukan pemeliharaan BTS XL. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dialami PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15 persen dibandingkan hari normal dan 19 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90 persen dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1 persen dan SMS sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan pihaknya telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. “Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” jelas Darmayusa dikutip dari keterangan tertulisnya.

Baca juga:  XL HOME Kini Hadir di Jawa Timur

Ia mengatakan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringannya tetap prima. Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15 peraen dibandingkan hari normal.

Baca juga:  Nataru, XL Tingkatkan Jaringan untuk Kenyamanan Pelanggan

Kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon naik 30 persen, Kota Surabaya naik 22 persen, dan Kabupaten Bogor naik 18 persen. Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Tengah sebesar 21 persen, Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16 persen, Jawa Barat sebesar 14 persen dan berikutnya Jawa Timur 11 persen.

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198 persen dibandingkan hari normal. Di Pantai Pangandaran, Jawa Barat naik hingga 143 persen Pantai Sawarna, Banten naik 128 persen.

Baca juga:  Sambut Ramadhan, XL Luncurkan Kampanye untuk Pelanggan

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul file access, dan game. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68 persen.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15 persen dari hari normal, Instagram, 23 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8%, Tiktok 4%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30%.

Untuk layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15% jika dibandingkan dengan hari normal.  Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *