Suasana di Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belasan ribu orang dan ribuan kendaraan masuk ke Pulau Bali lewat pintu masuk Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem jelang tahun Baru 2024. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XII Bali Pelabuhan Padang Bai, Nyoman Sastrawan, Jumat (29/12).

Sastrawan mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki terhitung dari 19-27 Desember 2023, tercatat sudah ada sebanyak 18.952 orang serta 6.373 unit kendaraan masuk Bali dari pintu Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis.

Baca juga:  Tunggu Ini, Proses Penggantian Ketua Komisi III DPRD Bali

“Untuk jumlah penumpang pejalan  kaki sebanyak 4.245 orang, dan penumpang membawa kendaraan roda dua/empat 14.707. Dimana untuk kendaraan roda dua sebanyak 3.801 unit, dan kendaraan roda empat campuran sekitar 2.571 unit, seperti mobil pribadi, truk, dan kendaraan  bus,” ucap Sastrawan.

Menurut Sastrawan, pihaknya memperkirakan, jumlah penumpang yang masuk Bali dari Padangbai kemungkinan terus meningkat sampai memasuki tahun baru. Mengingat sampai sekarang jumlah penumpang yang menyeberang  berada di kisaran 1.500 – 2.000 orang perhari. Sedangkan kendaraan di kisaran 500 sampai 750 unit per harinya. “Untuk puncaknya kemungkinan di tanggal 29, 30, dan 31 Desember 2023,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Koster Harap Wisatawan Tiongkok Segera Datang

Dia menjelaskan, bila nantinya terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan, pihaknya akan petugas akan mempercepat proses bongkar muat. Sehingga antrean tak ada. “Sekarang masih lancar. Tak ada hambatan,” tandanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN