Seminar dan Workshop Sosialisasi Kreta Bali Samasta dan e-Jakti Bali Mandiri yang digelar daring, Kamis (14/12). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kerthi Bali Santhi (KBS) menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Workshop Sosialisasi Kreta Bali Samasta dan e-Jakti Bali Mandiri yang ditujukan kepada BUMDes dan BUPDA. Kegiatan ini dilaksanakan pada 13-14 Desember.

Pada kegiatan di hari kedua dilaksanakan secara daring kepada 50 BUMDes dan 20 BUPDA. Materi disampaikan oleh Sugiarto, S.Kom., M.Kom., sebagai narasumber tamu mewakili ITB Stikom Bali. Sugiarto memaparkan terkait kolaborasi yang harus mulai disinergikan oleh unit usaha BUMDes dan BUPDA sebagai unit usaha dalam lingkup desa yang setara. Tujuannya untuk pengembangan dan peningkatan pendapatan desa.

Baca juga:  PDIP Usung KBS - Cok Ace Jadi Cagub dan Cawagub Bali

Adapun upaya yang dapat dilakukan dapat dimulai dari pemetaan potensi yang dapat dikembangkan. Usaha atau bisnis yang dapat dikembangkan dikategorikan dari bisnis sosial, penyewaan, perantara, bisnis yang berproduksi atau berdagang, bisnis keuangan, dan bisnis bersama.

Perumda Kerthi Bali Santhi sebagai BUMD Provinsi Bali yang menyelenggarakan pariwisata digital memberikan pengenalan terkait pengembangan situs web sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan optimalisasi penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran digital. Pengembangan situs web dinilai penting mulai digunakan oleh unit usaha desa BUMDes maupun BUPDA untuk dapat memperkenalkan profil dan unit usaha yang dimiliki lebih baik lagi dengan strategi inovatif sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Baca juga:  ASITA Siap Dukung Target 20 Juta Wisman

Bukan hanya berbicara mengenai situs website, optimalisasi pemasaran juga penting dilakukan melalui digital marketing dan sosial media marketing. Pemaparan materi memfokuskan upaya pemasaran unit-unit usaha yang dimiliki dari BUMDes dan BUPDA dari segi penggunaan sosial media, seperti instagram, tiktok, dan facebook.

Workshop digitalisasi ini disambut antusias peserta. Sesi diskusi berjalan dengan cukup aktif dengan beberapa pertanyaan dan tanggapan baik dari BUMDes maupun BUPDA.

Baca juga:  Pasar Amlapura Barat Rampung, Pedagang Tunggu Jadwal Pemindahan

Direktur Pengembangan Bisnis dan Digital Perumda Kerthi Bali Santhi Bapak Putu Agus Bayu Cahaya Dewata Emantaka mengatakan bahwa kegiatan serupa akan dilakukan secara periodik. “Kami yakin kolaborasi BUMD-BUMDES-BUPDA ini dapat membangun dan mensejahterakan masyarakat Bali sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru,” ujarnya, Kamis (14/12). (kmb/balipost)

BAGIKAN