Skatepark di kawasan Pantai Kuta yang dinamakan Kuta Beach Skatepark (KBS) telah rampung dibangun. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Skatepark di kawasan Pantai Kuta yang dinamakan Kuta Beach Skatepark (KBS) telah rampung dibangun. Arena bermain skateboard yang berada di pinggir pantai ini menjadi ikon baru Pantai Kuta, yang diklaim sebagai satu-satunya dan pertama di Bali untuk skatepark di pinggir pantai.

Menurut Ida Bagus Gede Arie Meghantara, selaku Sekretaris Pesanku (Persatuan Angkatan Taruna Kuta), Desa Adat Kuta telah menunjuk pengelolaan dilakukan oleh komunitas di bawah naungan LPM Kuta, yakni Pesanku Cabor Skateboard. “Sebelumnya dari Pemkab Badung melimpahkan ke Desa Adat Kuta, kemudian dari desa adat, menunjuk pengelolaan ke komunitas. Bahkan saat ini sudah dibentuk pengurusnya,” kata Arie saat ditemui, Jumat (10/2).

Baca juga:  Mulai Dikerjakan, Renovasi Tembok Pembatas di Pantai Kuta

Lebih lanjut Arie menjelaskan, fasilitas skatepark yang dibangun serangkaian penataan pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita), sudah dikonsep bertaraf internasional. Fasilitasnya standar sudah memenuhi kriteria untuk kompetisi internasional.

Dalam penggunaan nanti, skatepark ini akan diberlakukan member atau sekali main dikenakan biaya. Namun saat ini pihaknya belum menentukan berapa nilainya, karena masih dibahas. “Kalau maintenance kan perlu biaya. Jadi nanti untuk penggunaan skatepark di sini, akan ada semacam member, atau untuk sekali main bisa berapa angkanya. Kita belum menentukan angka-angkanya, harga berapa, tapi yang pasti segala halnya kita sudah rancang,” ucapnya.

Baca juga:  Pemberlakuan Sistem Ganjil Genap Dimatangkan, Jenis Kendaraan Plat Hitam Ini Dikecualikan

Saat ini pihaknya menunggu momen launching. Setelah itu, tentu akan rutin diagendakan kompetisi dan dibuat kalender event untuk memajukan skateboard di Bali, khususnya di Kuta. “Nanti akan ada juga kids school khusus anak Kuta yang ingin main skateboard. Akan ada course class. Sementara untuk masyarakat luar Kuta akan difasilitasi dengan apa yang dibutuhkan untuk maintenance nanti. Ini rancangan, nanti seperti itu. Karena mau tidak mau, kalau tidak ada maintenance dari situ, bagaimana keberadaan skatepark ke depan,” ujarnya.

Baca juga:  Ada Onde-onde Herbal di Festival Budaya Malang Utara

Pihaknya akan membuat gebrakan awal bersamaan dengan kegiatan launching skatepark untuk menarik minat para pecinta skateboard. Apalagi lokasi skatepark yang berada di pinggir pantai, menjadi daya tarik tersendiri. Pihaknya mengklaim, untuk saat ini Kuta Beach Skatepark menjadi satu-satunya dan pertama di Bali sebagai skatepark di pinggir pantai. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN