Wisatawan mengunjungi Tanah Lot saat libur Natal. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali menjadi salah satu destinasi wisata populer di dunia. Bahkan, banyak obyek wisata ikonik di Bali yang sudah mendunia dan jadi pilihan wajib dikunjungi saat berlibur.

Berikut lima obyek wisata ikonik yang kerap menjadi landmark untuk memperkenalkan Bali.

1. Tanah Lot

Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan. Tanah Lot jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti daratan di tengah laut.

Sesuai dengaan namanya, jika mengunjungi tempat ini maka anda dapat melihat pura berada di atas batu karang dengan latar belakang laut selatan. Sementara itu saat air pasang daratan akan terpisah oleh pura yang berada di atas batu karang.

Yang menjadi daya tarik utama dari Pura Lot adalah keindahan pemandangan matahari terbenam dengan siluet Pura Tanah Lot.

Baca juga:  Izin Akasaka Belum Dicabut, Penutupan Karena Permintaan Polda 

2. Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang baru pertam kali ke Bali. Pantai Kuta berada di Kecamatan Kuta yang berada di sebelah Selatan Pusat Kota Denpasar.

Pantai Kuta ramai dikunjungi karena menawarkan pantai dengan pasir putih serta pemandagang matahari terbenam. Selain itu ombaknya yang cukup besar juga cocok untuk aktivitas selancar pemula. Tidak hanya untuk berselancar, wisatawan yang datang kesana juga menghabiskan waktu mereka dengan duduk duduk di tepi pantai, berenang, jalan-jalan dan lain-lain.

3. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu menjadi tempat wisata bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke Bali. Pura Luhur Uluwatu menjadi daya tarik wisatawan karena pura tersebut berada di ujung tebing tinggi, dengan kertinggian tebing sekitar 70 meter dari permukaan laut.

Baca juga:  Jelang Karya IBTK di Besakih, Ini Bedanya dengan Masa Sebelum Dilanda Pandemi

Tak cuma lokasinya yang unik, wisatawan juga bisa melihat kera yang berkeliaran di sekitar pura ini. Pemandangan Samudera Hindia dari atas tebing saat matahari terbenam juga menjadi incaran wisatawan.

4. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan salah satu taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan yang menjadi ikon Pulau Bali. Apalagi saat ini pembangunan Garuda Wisnu Kencana sudah berhasil diselesaikan.

Pastinya saat mengunjungi GWK ada banyak hal yang bisa di lihat selain Patung Garuda Wisnu Kencana. Di dalam GWK terdapat teate4 seni yang menampilkan tarian khas Bali setiap harinya. Selain itu pengunjung juga bisa naik ke lantai 23 untuk melihat keindahan Pulau Bali dari atas.

5. Pura Besakih

Pura Besakih merupakan pura terbesar umat Hindu yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Pura ini berdiri kokoh di kaki Gunung Agung, yang menjadi gunung tertinggi di Bali.

Baca juga:  I Gusti Made Oka akan Diaben 21 Februari

Di Kompleks Pura Besakih terdapat 1 pura basukian serta 17 pura lainnya, Jadi dapat dikatakan, jika Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali.

Pura Besakih tak hanya kental dengan suasana religinya, tetapi juga memiliki pemandangan yang indah dengan latar Gunung Agung.

Tidak heran jika Pura yang sudah dibangun sejak 1007 Masehi ini masuk dalam salah satu warisan dunia. Karena Pura ini merupakan tempat yang sangat suci, jadi untuk para pengunjung yang ingin masuk ke Pura ini agar menggunakan pakaian rapi dan sopan, dan untuk wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan memasuki kawasan Pura Besakih. (Apsari/balipost)

BAGIKAN