Perumda Kerthi Bali Santhi mengadakan acara sosialisasi di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bali dengan topik “Kerthi Bali Santhi Sistem Manajemen Sekolah-Terobosan Terkini Digitalisasi Sistem Manajemen Sekolah." (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka mendukung revolusi digital di sektor pendidikan, Perumda Kerthi Bali Santhi mengadakan acara sosialisasi di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bali dengan topik “Kerthi Bali Santhi Sistem Manajemen Sekolah-Terobosan Terkini Digitalisasi Sistem Manajemen Sekolah.”

Perumda KBS telah menyelenggarakan sosialisasi KBS SMS pada 31 Januari dan 12 Februari yang dihadiri oleh Kepala Sekolah dan Ketua MKKS dari 107 sekolah yang terdiri dari 40 SMAN, 13 SMAS, 16 SMKN, dan 38 SMKS berasal dari Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan, Bangli, Klungkung, dan Karangasem.

Kegiatan sosialisasi juga sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi KBS-SMS yang sedang dikembangkan Perumda Kerthi Bali Santhi dan siap untuk segera diaplikasikan dalam pengelolaan sekolah-sekolah di Bali.

Direktur Utama Perumda Kerthi Bali Santhi, Alit Putra C.M.S., S.T., M.Sc, menekankan pentingnya Kerthi Bali Santhi  Sistem Manajemen sekolah (KBS SMS) sebagai solusi terintegrasi dalam mendukung pengelolaan semua data dan informasi yang terkait dengan operasi sekolah, meningkatkan efisiensi dan transparansi operasional, meningkatkan kualitas komunikasi antar stakeholder (guru, siswa, orang tua murid, dan kepala sekolah), serta menyediakan informasi yang lebih akurat dan mudah diakses bagi semua pemangku kepentingan sekolah.

Baca juga:  Hanya 12 Persen Koperasi Gunakan Online

KBS SMS menawarkan banyak keunggulan bagi sekolah, diantaranya adalah sistem yang terintegrasi dalam mengelola manajemen, operasional, dan akademik sekolah, memberikan kemudahan bagi guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar, memberikan fasilitas dan pengalaman belajar yang optimal bagi murid, serta memberikan akses informasi yang akurat bagi orang tua murid untuk dapat memonitor kegiatan dan performa siswa.

Sosialisasi KBS SMS ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali melalui UPTD Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan yang membidangi kegiatan teknis operasional dalam pendayagunaan teknologi, informasi dan komunikasi pendidikan serta sebagai pusat data dan publikasi pendidikan.

Perumda KBS memperoleh banyak testimoni positif dari peserta yang hadir, salag satunya berasal dari I Ketut Mertasih selaku Humas SMKN 1 Denpasar. “Sosialisasi KBS SMS yang dikembangkan oleh Perumda KBS ini sangat bagus dan dapat membantu sekolah-sekolah terutama yang belum menggunakan sistem digital,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Bali Instruksikan Rayakan Tumpek Kuningan dengan Upacara Atma Kerthi

Sementara itu, A.A Sg Krisna selaku Waka Humas SMK TI Global Jimbaran menyatakan sangat terinspirasi dengan adanya pengembangan sistem manajemen sekolah karena beberapa fitur sepertinya dirasa perlu untuk dikembangkan di sekolah. Ia berharap dapat berkolaborasi dalam penggunaan dan pengembangan transformasi digital dalam pengelolaan sekolah termasuk proses belajar mengajar.

Putu Budi Eka Yani dari SMAK Santo Yoseph Denpasar menyatakan tertarik menggunakan aplikasi Kerthi Bali Santhi Sistem Manajemen Sekolah ini. “Bagi kami ini berkontribusi banyak hal di bidang teknologi dan membutuhkan sistem yang bisa menunjang proses. Tidak hanya proses mengajar kami, tapi manajerial. Jadi, kalau memang ini ditawarkan ke sekolah-sekolah, kami tentu akan terbuka.”

I Gede Eka Sumaya Putra dari SMAN 2 Gianyar menyatakan sosialisasi KBS SMS yang dikembangkan oleh Perumda KBS ini sangat bagus. “Mengikuti apa yang kami butuhkan di sekolah, hanya saja mungkin perlu penyesuaian seperti yang didiskusikan tadi tentang teknik dan sistem pembiayaan itu semua harus terintegrasi dengan situasi pengunaan dana bos, termasuk juga pengunaan komite.”

Senada juga diungkapkan oleh M. Rida dari  SMAN 1 Denpasar. “Program KBS SMS ini cukup bagus apalagi program ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, namun permasalahanya kita perlu sosialisasi dahulu ke sekolah agar orang tua maupun pegawai mengetahui adanya program ini. Kita coba dulu untuk sosialisasikan ke sekolah dan saya dukung program KBS untuk Bali ini tetap jaya.”

Baca juga:  Warga Banyupoh Temukan Mayat Mengambang di Laut

Penting untuk diketahui, Perumda KBS adalah perusahaan umum daerah Provinsi Bali yang bergerak di bidang transformasi digital di sektor pariwisata dan sektor lainnya. Saat ini Perumda KBS telah mengembangkan beberapa produk dan layanan aplikasi seperti e-Jakti Bali Mandiri (Portal Satu Pintu Pariwisata Bali), Bali Arcade (Aplikasi berteknologi AR/VR) , Bali Xperience, Kerta Bali Smita, Kerta Bali Samasta, KBS Karir Hub, dan Kerthi Bali Santhi Sistem Manajemen Sekolah (KBS SMS).

Informasi lebih lanjut tentang aplikasi Kerthi Bali Santhi  Sistem Manajemen sekolah (KBS SMS) serta inovasi produk dan layanan transformasi digital Perumda Kerthi Bali Santhi dapat ditemukan di situs website resmi KBS Digital https://kbsdigital.co.id. (Adv/balipost)

BAGIKAN