VP Global Network Operations, Galumbang Pasaribu (dua kanan) menjelaskan tentang kesiapan Telkomsel menghadapi Natal dan Tahun Baru, Rabu (6/12). Tampak mendampingi SVP Consumer Business Operations, Gilang Prasetya (dua kiri) dan VP Corporate Communications & Social Responsibility, Saki H. Bramono (kiri). (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pelaksanaan Telkomsel Siaga di Natal dan Tahun Baru (Naru) kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Telkomsel mulai mengaplikasikan autonomous network untuk puluhan point of interest (POI) di seluruh Indonesia.

Menurut VP Global Network Operations, Galumbang Pasaribu, Rabu (6/12), dipantau secara daring dari Denpasar, autonomous network ini merupakan teknologi baru dan tren utama dalam industri komunikasi saat ini. Jaringan lebih banyak menggunakan artificial inteligence agar dapat memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat, serta meningkatkan efisiensi operasional.

Ia mengutarakan dalam Siaga Naru kali ini, pihaknya melakukan uji coba penggunaan autonomous network untuk melihat kemampuan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Baca juga:  Tiang Telpon Sentuh Kabel Listrik, Tiga Pekerja Alami Luka Bakar

Untuk pelaksanaan Siaga Naru ini, pemanfaatan autonomous network dilakukan di 37 POI dari 427 POI yang ada. Rinciannya, di Area 1 yang meliputi Sumatera akan ada 11 POI, Area 2 (Jabotabek dan Jabar) 8 POI, Area 3 (Jawa, Bali, Nusra) 11 POI, dan Area 4 (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) 7 POI. “Siaga Naru ini dipakai uji coba juga karena Telkomsel merupakan operator pertama yang menggunakan autonomous network di Indonesia. Supaya kita tahu experience-nya seperti apa,” ujarnya.

Ia menyebutkan Telkomsel didaulat menjadi salah satu pendiri Autonomous Networks di dunia pada saat peluncuran Autonomous Networks (AN) Manifesto di Copenhagen, Denmark pada 18 September 2023. Pendirinya merupakan 13 Communication Service Provider (CSP), termasuk Telkomsel, dan 18 partners teknologi tingkat global.

Baca juga:  Telkomsel Jadi Pendukung Resmi Piala Dunia U-17, Siapkan Jaringan 5G hingga Ragam Aktivitas di 4 Venue

Ia pun menyampaikan dalam perayaan Naru kali ini, trafik data diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 13 persen dari hari biasa. Kenaikan juga diprediksi terjadi pada penggunaan SMS sebanyak 4,4 persen. Penurunan trafik diperkirakan terjadi pada layanan suara sebanyak 2,8 persen.

Untuk peningkatan penggunaan data, terbesar akan terjadi pada layanan komunikasi dengan kenaikan 31,9 persen. Disusul online gaming 20,6 persen, e-commerce 19,1 persen, sosial media 15,6 persen, dan video streaming 9,7 persen.

Ditambahkan, SVP Consumer Business Operations, Gilang Prasetya, Telkomsel juga menyiapkan 18 posko siaga untuk. Belasan posko ini tersebar di seluruh Indonesia. “Terdapat juga sejumlah produk yang ditawarkan Telkomsel untuk mendukung perayaan Naru kali ini. Misalnya saja Orbit dan paket Indihome yang harganya terjangkau,” paparnya.

Baca juga:  Pesta Rakyat Telkomsel 4G Digelar di Waterpark Kupang

Selain itu, lanjut VP Corporate Communications & Social Responsibility, Saki H. Bramono, Telkomsel Siaga kali ini juga menghadirkan sejumlah aksi sosial perusahaan (CSR), yang melibatkan karyawan untuk berdonasi dan membantu mereka yang membutuhkan. Akan ada pula cek kesehatan, bantuan paket makanan untuk anak-anak stunting dan keluarga miskin, serta beasiswa untuk siswa dan mahasiswa. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN