Penanganan tanah longsor menutupi akses jalan umum yang menghubungkan Desa Kenderan dengan Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Akibat cuaca hujan, terjadi tanah longsor di Banjar Delod Blumbang, Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Kamis (30/11) pukul 21.00 WITA. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN. Dibya Presasta mengatakan material tanah longsor menutupi akses jalan umum yang menghubungkan Desa Kenderan-Kedisan.

Suamba mengungkapkan penanganan tanah longsor diikuti penanganan pohon kelapa tumbang. Longsor memiliki tinggi 8 meter, panjang 10 meter lebar 6 meter yang diakibatkan oleh hujan deras dan kondisi tanah yang labil.

Baca juga:  2017, Bencana Longsor Makin Banyak di Gianyar

Kejadian tersebut diketahui oleh salah satu warga I Wayan Merta (45) yang melintas di jalan tersebut selanjutnya dilaporkan kepada Kelian Dinas Banjar Delod Blumbang, Made Suda. Selanjutnya Klian Dinas Delod Blumbang menghubungi Tim PRC Tegallalang serta Babinsa Kenderan, Serma Dewa Aris Darmawan dan Bhabinkamtibmas Desa Kenderan, Aiptu I Gede Wira yang datang langsung ke lokasi kejadian.

Ia menjelaskan pada pukul 23.00 WITA, alat berat dari BPBD Gianyar tiba di lokasi tanah longsor yang menutupi akses Jalan Raya Delod Blumbang. Dengan dibantu warga sekitar aparat terkait, petugas BPBD berupaya membersihkan material dengan menggunakan alat berat.

Baca juga:  Perempuan Lansia Hilang Sejak 3 Hari, Sempat Dilihat Menuju Air Terjun

Proses pembersihan materil berlangsung kurang lebih selama 5 jam. Pukul 02.00 WITA, pembersihan selesai dilaksanakan dan akses jalan sudah kembali normal. “Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” jelasnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *