Luhut Pandjaitan (dua dari kanan) menghadiri pelantikan Maruli Simandjuntak sebagai Kasad TNI, Rabu (29/11). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pelantikan menantunya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sebagai kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11). Kehadiran Luhut di acara pelantikan tersebut menyita perhatian wartawan, karena sebelumnya Luhut diketahui masih menjalani perawatan dan pemulihan kesehatan di Singapura.

Saat hadir dalam pelantikan itu, dikutip dari Kantor Berita Antara, Luhut tampak sudah cukup bugar dan berbincang dengan menteri-menteri lain Kabinet Indonesia Maju. Nampak hadir, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca juga:  DTKJ Catatkan 508 Kasus Kecelakaan TransJakarta

Tampak pula Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berdiri di samping Luhut.

Sebelumnya, Selasa (28/11), Luhut dalam keterangannya menyatakan dirinya masih berada di Singapura. Luhut menerima kunjungan dari Ketua DPR RI Puan Maharani di tengah upaya pemulihan kesehatannya di Singapura.

Luhut dan Puan membahas sejumlah isu, mulai dari potensi ekonomi penyimpanan karbon hingga Pemilu 2024. Pada Rabu siang, Presiden Joko Widodo melantik Maruli Simanjuntak, dari pangkostrad menjadi kasad, sebagaimana Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 103/TNI Tahun 2023.

Baca juga:  Menkomar Sebut Menpar Paten, Jokowi Minta Karnaval Danau Toba Konsisten

Dengan pelantikan itu, Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi jenderal TNI, sebagaimana SK Presiden Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Luhut antusias pulang ke Jakarta di tengah pemulihan kesehatannya. Hal ini disampaikan Maruli usai agenda pelantikan oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. “Beliau antusias mau hadir,” kata Maruli saat ditanya terkait dengan kehadiran Luhut pada acara tersebut.

Maruli yang memperoleh pangkat Jenderal TNI itu menyebut kehadiran Luhut tersebut merupakan undangan yang ia tujukan melalui pesan WhatsApp (WA) pada Selasa (28/11) sore.

Baca juga:  Kasus Kepemilikan Senpi, Seorang WNI Ditangkap di Filipina

“Saya dapat info kemarin sore. Saya WA beliau, saya sudah ditunjuk persiapan hari ini,” katanya.

Luhut tampak memeluk dan mengucapkan selamat kepada Maruli usai agenda pelantikan Maruli sebagai Kasad oleh Presiden Joko Widodo.

Luhut juga memperlihatkan ekspresi haru dan bangga.

Dalam kesempatan itu, Maruli menyampaikan pesan khusus Luhut kepada dirinya agar bekerja mewujudkan Korps Angkatan Darat yang lebih baik.

“Seperti biasa, kalau Pak Luhut sudah mulai sembuh, pasti langsung perintah dan pekerjaan supaya Angkatan Darat bisa lebih baik,” katanya menyampaikan pesan Luhut. (kmb/balipost)

BAGIKAN