Enam Sekaa Baleganjur kelompok remaja merebutkan hadiah puluhan juta rupiah dalam Festival Seni Budaya ke-14 di kabupaten Badung. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Selain Lomba Baleganjur tingkat anak-anak, lomba Baleganjur tingkat remaja juga ikut memeriahkan Festival Seni Budaya ke-14 di kabupaten Badung. Sebanyak enam Sekaa Baleganjur kelompok remaja merebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Lomba baleganjur tingkat remaja yang digelar di Lobby Balai Budaya Giri Nata Mandala pada Minggu (12/11) malam itu juga menghadirkan juri-juri berkompeten. Sehingga pelaksanaan lomba yang dilaksanakan bisa menghasilkan bibit di bidang kesenian.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Kadek Sandra Widari yang dikonfirmasi Senin (13/11) mengakui jika lomba Baleganjur tingkat Remaja sudah berlangsung pada Minggu kemarin. Pihaknya mengaku jika kelompok remaja yang digelar dipastikan sesuai dengan umur peserta. “Kalau Kelompok Remaja umur peserta 15 sampai 18 Tahun per bulan Desember Tahun 2023,” ujarnya.

Baca juga:  "Booking" dari Wisman Mulai Diterima Pelaku Pariwisata Bali

Pihaknya mengakui pada lomba baleganjur, peserta diberikan waktu atau durasi garapan dari pejalan sampai ending 10–11 menit. Bahkan dalam proses penilaian sendiri kata Sandra Widari ada beberapa kriteria seperti, Ide/Gagasan, Kreativitas, Teknik Gegebug dan Tetekep, Bentuk/Komposisi Garapan/Ekspresi, Suara Gamelan, Penampilan/ Keserasian Kostum dan Ekspresi Lagu. “Jadi nanti untuk juaranya, nanti ada Juara I, II dan III termasuk juga ada juara harapan, “ bebernya.

Baca juga:  Tiga Orang di Puspem Badung Digigit Anjing Rabies

Disinggung mengenai nominal Juara, sesuai ketentuan yang sudah disepakati kata Sandra Widari untuk juara I mendapat dana motivasi Rp 40 Juta belum ditanggung pajak.
Selanjutnya Juara II Rp 38 Juta, dan Juara III Rp 36 Juta. Selain itu untuk juara Harapan I mendapat dana motivasi Rp 34 Juta, Harapan II mendapat Rp 32 Juta dan Harapan II Mendapat Rp 30 Juta. “Untuk Kelompok remaja ini yang tampil adalah Komunitas Bisikan Suara, SMA Negeri 1 Kuta Utara, Komunitas Kusalawa, Sanggar Seni Sudha Wirad Canggu, SMK Negeri 4 Bangli, dan SMK PGRI 3 Badung,” imbuhnya.

Baca juga:  8 Penerbangan "Cancel," Aktivitas Bandara Ngurah Rai Masih Normal

Seperti diketahui bersama Festival Seni Budaya digelar Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung ini serangkaian perayaan HUT Ke -14 Ibu Kota Mangupura. Festival ini pun digelar di open stage Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.(Adv/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *