Pengurus PWI Pusat diterima Presiden Joko Widodo, Selasa (7/11). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/11). Dikutip dari Kantor Berita Antara, PWI melaporkan terpilihnya Ketua Umum PWI Pusat serta upaya PWI dalam peningkatan kompetensi wartawan.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, di Kompleks Istana Kepresidenan mengutarakan pihaknya ingin fokus kembali pada masalah pendidikan, peningkatan kompetensi wartawan, dan wawasan kebangsaan wartawan. Selanjutnya, kata Hendry, PWI menyampaikan terkait dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam penyelenggaraan sekolah jurnalisme Indonesia dan uji kompetensi wartawan.

Baca juga:  KPU Bali Pastikan Hanya Dua Bakal Paslon yang Mendaftar

Menurut Hendry, usai mendengar hal tersebut Presiden pun langsung menindaklanjuti-nya. “Tadi Bapak Presiden langsung menelepon Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu kembali PWI, agar apa yang telah dilaksanakan dulu dapat berjalan kembali,” ujarnya.

Hendry menuturkan bahwa PWI juga membahas sosialisasi pers kebangsaan sekaligus peluncuran Graha Pers Pancasila yang akan digelar di Yogyakarta November 2023. Selain itu, PWI pun menyampaikan terkait acara Hari Pers Nasional yang direncanakan akan digelar di Ancol, Jakarta.

Baca juga:  Libur Lebaran, Obyek Wisata Danau Toba Lengang

“Bapak Presiden mengatakan seandainya nanti memang ada kekurangan dari pemerintah Provinsi Yogyakarta, pemerintah pusat akan membantu,” tutur Hendry.

Di samping itu, Hendry menyebut bahwa dalam pertemuan tersebut juga turut dibahas terkait bagaimana pers menyikapi pemilihan umum (pemilu) mendatang. Hendry mengatakan, Presiden mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga pemilu tetap damai.

“Disampaikan bahwa sebetulnya sekarang ini tidak ada persoalan, biasa-biasa saja, sejuk-sejuk saja, diimbau agar kita semua masyarakat ikut menjaga pemilu yang damai, yang menjaga keutuhan bangsa dan negara, tidak memecah belah,” ujar Hendry.

Baca juga:  Tahun 2019 Semua Tanah di Bali Sudah Bersertifikat

“Saya kira kami menerima itu dengan sama, pikiran kami juga sebetulnya pers itu bukan pihak yang mengompor-ngompori, membuat suasana jadi tegang, suasana jadi seolah-olah ini event permusuhan,” lanjutnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Pengurus PWI Pusat yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *