Sejumlah wisatawan melakukan pendakian di kawasan Gunung Agung. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali gak hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Ada juga sejumlah gunung yang bisa kamu daki di saat libur tiba.

Berikut 9 gunung yang bisa menjadi referensi untuk kamu daki. Jadi, kamu tidak cuma rebahan di pantai saja selama liburan di Bali, kamu bisa menikmati keindahan alam di puncak gunung.

1. Gunung Agung

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian. Jalur pendakian pertama yaitu dari arah selatan dari Kecamatan Selat yang basecamp-nya di Pura Pasar Agung. Jalur selanjutnya yaitu dari arah tenggara dari Badakeling lewat Nangka. Terakhir, yaitu dari arah barat daya melalui Pura Besakih.

Baca juga:  Pascabebas Karantina, Imigrasi Sebut Kedatangan PPLN di Bandara Ngurah Rai Naik Signifikan

2. Gunung Batur

Gunung berapi aktif lainnya di Bali adalah Gunung Batur yang berlokasi di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Dengan ketinggian mencapai 1.717 mdpl, terdapat empat jalur pendakian yang dapat digunakan, yaitu melalui Pura Pasar Agung, Serongga, Pura Bukit Mentik, dan Toya Bungkah.

3. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi kedua di Bali dengan ketinggian mencapai 2.276 mdpl. Berlokasi di Penebel, Tabanan, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian, yaitu melalui Pura Batukaru, Desa Jatiluwih, dan Desa Pujangan.

4. Gunung Abang

Berlokasi di Kintamani, Kabupaten Bangli, Gunung Abang memiliki ketinggian yang mencapai 2.152 mdpl. Gunung Abang diapit oleh dua gunung aktif, yaitu Gunung Agung dan Gunung Batur. Terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk menuju puncak Gunung Abang, yaitu melalui Songan dan Desa Suter.

Baca juga:  Nyoman Arjasa Wenten, Seniman Tari dan Karawitan Bali yang Mendunia

5. Gunung Sanghyang

Berlokasi di Tabanan, Gunung Sanghyang memiliki ketinggan 2.087 mdpl yang berada di antara Puncak Adeng dan Gunung Batukaru. Satu-satunya akses menuju puncak gunung adalah melintasi jalur setapak yang merupakan penghubung antara Jatiluwih dan Tamblingan.

6. Gunung Pohen

Gunung Pohen atau yang dikenal juga dengan Gunung Pohang memiliki ketinggian 2.096 mdpl. Satu-satunya jalur pendakian di gunung ini adalah Jalur Geothermal yang hampir tidak ada belokan.

7. Gunung Catur

Gunung Catur atau yang lebih dikenal dengan Puncak Mangu memiliki ketinggian yang mencapai 2.096 mdpl. Untuk menuju puncak gunung, pendaki dapat memilih satu di antara dua jalur, yaitu dari Desa Petang maupun Desa Pelaga. Tidak ketinggalan, di puncak gunung terdapat Pura Puncak Mangu yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan persembahyangan.

Baca juga:  Ibu Hamil Positif COVID-19, Begini Mekanisme Melahirkannya 

8. Gunung Adeng

Berlokasi di Tabanan, Gunung Adeng memiliki ketinggian yang mencapai 1.826 mdpl. Di kawasan gunung ini terdapat tiga pura, yaitu Pura Pucak Tapak yang terletak paling atas, Pura Anyar di tengah-tenga, dan Pura Puncak Bukit Adeng di bagian bawah.

9. Gunung Tapak

Gunung Tapak terletak di Candikuning, Baturiti, Tabanan. Dengan ketinggian hingga 1.909 mdpl, Gunung Tapak memiliki dua jalur pendakian yang dapat dilalui, yaitu dari Desa Pancasari dan Kebun Raya.

Tetap ingat, selama mendaki kamu harus menjaga pikiran dan perkataan agar kamu selamat sampai tujuan. (kmb/balipost)

BAGIKAN