Pejabat lama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri) berbincang dengan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) setelah upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Jumat (27/10). Dikutip dari Kantor Berita Antara, upacara serah terima jabatan itu pada pukul 08.30 WIB yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Selepas upacara, Laksamana Yudo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman, pendahulu Agus, kemudian meminta Kasad yang baru agar melanjutkan program-program kerja yang dibuat oleh Dudung.

Baca juga:  Bhakti Sosial Peringati Hari Juang TNI AD

“Kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk melanjutkan program-program kerja yang selama ini sudah dirancang, sudah disiapkan Jenderal Dudung sehingga nanti pada tahun 2024 TNI menghadapi pemilihan umum (pemilu) nanti TNI sudah siap,” kata Panglima TNI kepada Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Laksamana Yudo menegaskan bahwa kuncinya TNI harus netral demi pemilu berjalan lancar, aman, dan sejuk.

Sementara itu, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo terhadap dirinya.

Presiden Jokowi melantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI AD di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10). Jabatan terakhirnya sebelum menjadi Kasad adalah Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad).

Baca juga:  Sebaran Personel TNI Belum Merata

Jenderal Agus, dalam sesi jumpa pers yang sama selepas upacara, berkomitmen melanjutkan program-program kerja yang dicanangkan oleh Dudung.

Ia mengatakan bahwa TNI Angkatan Darat punya program-program unggulan yang membantu program-program pemerintah seperti menanggulangi stunting.

“Mungkin sekarang kekurangan air. Sudah beribu-ribu titik kami mengebor air. Akhirnya masyarakat itu bisa menikmati air walaupun cuacanya seperti sekarang kemarau. Banyak juga program lain tentunya nanti akan saya lanjutkan,” kata Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Baca juga:  Ini, Diterapkan TNI AD Merealisasikan Prinsip Kesetaraan

Terkait dengan penekanan netralitas TNI dari Panglima TNI, Kasad menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen menjalankan itu.

“Tadi sudah disampaikan oleh Panglima kami sudah menegaskan kepada seluruh prajurit untuk netral, tidak memihak satu pasangan calon,” kata Agus.

Terakhir, dia pun memohon doa agar dapat menjalankan tugas barunya sebagai Kasad dengan amanah.

“Mohon doanya, mudah-mudahan saya bisa menjalankan tugas ini dengan amanah,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *