Pemprov Bali berhasil meraih juara III kategori Pemerintah Daerah Yang Terfavorit Dalam Mengkampanyekan Energi Bersih", pada Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) Tahun 2023, di Birawa Assembly Hall, Bidakara, Jakarta, Jumat (20/10). (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Selain berhasil mendapat penghargaan sebagai Pemerintah Provinsi Terbaik Zona Jawa Bali di ajang Paritrana Award, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali juga berhasil mendulang juara III kategori Pemerintah Daerah Yang Terfavorit Dalam Mengkampanyekan Energi Bersih.” Penghargaan ini diperoleh pada Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Birawa Assembly Hall, Bidakara, Jakarta, Jumat (20/10).

Penjabat (Pj.) Gubernur Bali, S.M Mahendra Jaya yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, IB. Setiawan menerima penghargaan dalam acara penganugerahan bertajuk “Kolaborasi Mewujudkan Transisi Energi Menuju Net Zero Emission 2060”. Acara yang yang diselenggarakan oleh DEN RI diserahkan dalam rangkaian acara Energy Transition Conference and Exhibition (ETCE) 2023, yang diselenggarakan sejak tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023. Bali dinilai aktif mengkampanyekan energi bersih bebas emisi, mulai dari peralihan dari kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik.

Baca juga:  Kaum Hijau Berikan Penghargaan Untuk Perjuangan “Gendo” Suardana

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, IB. Setiawan menyampaikan rasa bangganya terhadap dukungan dari masyarakat Bali, yang dengan penuh rasa sadar melakukan peralihan penggunaan kendaraan menuju listrik ini. Dikatakan, secara tidak langsung penggunaan kendaraan listrik mengurangi polusi udara di alam terbuka. Hal ini menunjukkan dukungan masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi tubuh, terutama yang berkaitan dengan kebersihan udara,” ungkapnya.

“Bahwa yang perlu kita dorong saat ini adalah kesadaran mengolah sampah dari sumbernya yakni rumah tangga, sehingga yang akan terangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) hanya berupa residunya saja. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan juga udara,” tandas IB. Setiawan.

Baca juga:  Dedikasi Seni Budaya, 21 Seniman Terima Wija Kusuma

Energy Transition Conference and Exhibition (ETCE) 2023 merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha maupun pemangku kepentingan lainnya yang berperan dalam membangun sektor energi pada masa transisi energi saat ini.

Sebelumnya, Energy Transition Conference and Exhibition (ETCE) 2023 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal DEN RI sekaligus sebagai Ketua Pelaksana ETCE 2023, Joko Siswanto. (kmb/balipost)

BAGIKAN