Jorge Lorenzo di Sirkuit Internasional ePrix Jakarta. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Penggunaan motor listrik makin gencar disosialisasikan untuk lingkungan yang lebih bersih. Bahkan, Jorge Lorenzo pun turut menjajal motor bertenaga listrik di Sirkuit Internasional Eprix Jakarta, Rabu (18/10).

Pria yang merupakan juara dunia MotoGP lima kali itu mencoba Rimau yang merupakan keluaran Charged. Sepeda motor listrik ini adalah hasil dari kolaborasi eksklusif dengan pemimpin teknologi sepeda motor listrik, Vmoto. Ada tiga produk yang diperkenalkan dalam kesempatan itu, yaitu Rimau Bumblebee, Rimau Ecru, dan Maleo Latte.

Baca juga:  Sebulan ke Depan, Kendaraan Listrik Bisa Beroperasi Resmi di Bali

Jorge, yang kini menjadi duta mobilitas berkelanjutan, mengatakan dengan teknologi kinerja canggih dan catatan keamanan yang terbukti, motor ini memiliki arti yang sebenarnya dalam memandu ekosistem berkendara Indonesia beralih ke sepeda motor listrik.

Menurut CEO Charged, Joel CY Chang, solusi bagi sebagian besar Indonesia dan Asia Tenggara adalah mempercepat transisi ke sepeda motor listrik. “Hingga 8,8 juta orang setiap tahunnya menderita polusi udara. Sebagian besar disebabkan oleh emisi berbahaya dari transportasi jalan konvensional yang merugikan kesehatan, terutama di kota padat penduduk seperti Jakarta,” cetus Joel dikutip dari keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Pengguna Jalan Dirazia, Masih Banyak Enggan Bermasker

Tantangan dalam mengembangkan ekosistem motor listrik ini adalah memberikan alternatif yang baik dalam hal kinerja, jarak tempuh, kualitas, dan keamanan yang tetap terjangkau. Pihaknya yang telah mendirikan pabrik yang sepenuhnya ditenagai oleh energi terbarukan pada Desember lalu, melakukan uji coba menggunakan lebih dari seribu sepeda motor listrik dengan jarak tempuh sekitar 10 juta kilometer di berbagai medan, mulai dari Lombok hingga Kalimantan hingga Malang.

Baca juga:  Kenalkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, PLN Konvoi Motor Listrik di Yogyakarta

Lini produk terbaru Charged, yang menampilkan pilihan warna baru yang menarik, yaitu Rimau Bumblebee dan Rimau Ecru, mengambil inspirasi dari tema “Semangat Alam”. Selanjutnya, Maleo menawarkan jarak tempuh hingga 120 kilometer saat dikendarai efisien dengan satu baterai atau hingga 240 kilometer dengan baterai cadangan, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

Rimau baru ini kini tersedia untuk dijual dengan harga Rp40,8 juta, dan Maleo baru seharga Rp34,8 juta masing-masing dengan satu baterai. (kmb/balipost)

BAGIKAN