Tangkapan layar Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dr (HC) dr HR Agung Laksono dalam webinar di Jakarta, Senin (23/8/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto, kalau pun bukan dari Partai Golkar, akan “digolkarkan” terlebih dahulu.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono menegaskan hal itu terkait pasangan calon wakil presiden (cawapres) yang akan disandingkan dengan capres Prabowo Subianto pada Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar, kalaupun bukan dari Golkar, akan ‘di Golkarkan’ dulu. Bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya,” ungkapnya di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (17/10).

Baca juga:  BRI Tutup Penjualan ORI020 Lampaui Target, Optimis Penjualan ST008 Makin Laris

Agung yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres RI) itu juga menanggapi wacana putra sulung Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka akan bergabung dengan Partai Golkar.

Gibran diketahui mempunyai peluang besar menjadi cawapres untuk Prabowo Subianto, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian, untuk putusan Nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait uji materi Pasal 169 huruf q Undang-Undang Pemilihan Umum. “Pada prinsipnya kami wellcome, kami akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung,” ujarnya.

Baca juga:  Dukung Kemenaker RI, BRI Komitmen Percepat Penyaluran BSU

Saat ini, Gibran Rakabuming Raka merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dukungan untuk Gibran sebagai cawapres dari Prabowo, juga disampaikan Kosgoro 1957, sebagai salah satu ormas Partai Golkar.

Wakil Bendahara Umum PPK Kosgoro 1957 Bimo Trihasmoro menyatakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, berpeluang jadi calon wakil presiden (cawapres) yang diusung Partai Golkar.

“Kalaupun nantinya bergabung, bukan tidak mungkin Golkar akan mencalonkan Gibran sebagai calon wakil presiden,” kata Bimo dalam keterangan tertulis.

Baca juga:  Novanto Tak Akan Mundur dari Ketua DPR RI

Bimo menjelaskan di Partai Golkar, banyak wadah organisasi hasta karya yang bisa dijadikan saluran politik bagi para anak-anak muda, khususnya Gibran Rakabuming.

“Di Kosgoro 1957 ada BMK 57 tempat kumpulnya anak-anak Kosgoro 57, ada juga AMPG, AMPI. Tinggal Gibran mau ikut yang mana. Intinya kami semua di Golkar welcome,” katanya menegaskan. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *