Petugas melakukan upaya pemadaman di TPS3R Munggu, Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pembakaran sampah upakara oleh warga nyaris membuat TPS3R Jagat Lestari, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, terbakar Sabtu (14/10). Sebab, kobaran api yang tidak terkendali merembet ke sampah yang berada di sekitar lahan TPS3R Jagat Lestari.

Kadiskarmat Badung I Wayan Wirya saat dihubungi Minggu (15/10) membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, penanganan kebakaran TPS3R Jagat Lestari dilakukan dengan 7 armada brandweer.

Tim dari Damkar Badung tiba di lokasi dengan waktu 10 menit setelah meerima laporan. “Tidak ada korban jiwa dari kebakaran. Penyebab terjadinya kebakaran diduga karena bakar sampah upakara,” ucapnya.

Baca juga:  BRI Sampaikan Belasungkawa ke Korban, Sesalkan Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung diterjunkan untuk melakukan penanganan, dibantu Tim TRC dari Desa Munggu. Beruntungnya dalam kejadian tersebut, api tidak menyambar bangunan TPS3R.

Perbekel Desa Munggu, I Ketut Darta mengatakan, kobaran api diperkirakan muncul akibat adanya sampah sisa upacara yang dibakar oleh warga. “Saya awalnya menangani secara manual bersama TRC Desa, dengan berbagai cara sudah tidak mempan. Kalah panas, apinya cepat membesar, akhirnya mohon bantuan dari pemadam,” ujarnya.

Baca juga:  Bakar Sampah, Warga Dauhwaru Alami Kerugian Miliaran

Menurutnya, armada Diskarmat Badung datang ke lokasi pukul 15.30 WITA. Api akhirnya dapat dipadamkan pada pukul 18.00 WITA. Namun sekitar pukul 19.30 WITA api kembali berobar, pihaknya pun kembali melakukan pemadaman. (Parwata/balipost)

BAGIKAN