Bupati mengajak warga untuk ikut menjaga hutan demi ketersediaan air saat meninjau Bendungan Palasari yang surut, Jumat (13/10). (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Bendungan Palasari di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, yang merupakan salah satu bendungan terbesar di Bali mengalami penyusutan volume air.

Penyusutan air ini salah satu dampak dari kemarau panjang dan fenomena El Nino yang terjadi. Tidak hanya disebabkan oleh faktor cuaca, namun juga karena faktor alam. Bendungan Palasari yang dapat menampung volume air 8 juta meter kubik dan berfungsi untuk irigasi, air baku, dan pariwisata ini perlu dijaga.

Baca juga:  BI Serahkan 200 Paket Sembako ke PWI Bali

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Jumat (13/10), mengecek langsung kondisi bendungan pertama di Bali ini. Bupati menekankan kepada masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam menjaga dan mengawasi hutan.

Menurutnya, mengawasi hutan merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. “Saya harapkan di setiap desa ada pagar betis untuk melindungi hutan. Jadi kalau ada yang aneh malam-malam mobil atau apa bisa saja dicegat ditanya apa tujuannya apa lagi bawa alat-alat untuk memotong kayu, ini bagian daripada menjaga, ” ucap Bupati Artha.

Baca juga:  Persingkat Kampanye Pemilihan Bupati 2020

Surutnya air bendungan Palasari berdampak pada ketersediaan air irigasi untuk para petani. Selain itu, juga berdampak pada debit air di sungai-sungai di sekitarnya.

Tamba menjelaskan bahwa surutnya air di Bendungan Palasari ini dikarenakan fenomena El-Nino. Akan tetapi ketersediaan air di bendungan Palasari masih cukup tersedia untuk mengairi subak. Selama ini, dalam kondisi normal bendungan Palasari mampu mengairi sepuluh wilayah subak di sekitarnya.

Baca juga:  PKB Masuk Nominasi Anugerah Kebudayaan

“Secara global memang hari ini fenomena elnino sangat tinggi, jadi dimana – mana kering dan ini juga belum dikatakan titik nol. Air masih ada, mungkin 10 hingga 20 persen, menggenang airnya dan masih cukup juga untuk mengairi tiga subak,” jelasnya. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *