Penyerahan dana hibah untuk FKUB dan FPK senilai Rp 1 miliar lebih oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di ruang VIP kantor Bupati Jembrana, Rabu (11/10). (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Kabupaten Jembrana yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama ini sangat rentan akan terjadi berbagai permasalahan sosial. Oleh sebab itu, keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) ini menjadi landasan penting dalam menjaga kerukunan antar umat dan etnis/suku.

Untuk itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan dana hibah kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Jembrana.

Dana hibah yang diserahkan sebesar Rp 1.002.550,000,- untuk FKUB dan sebesar Rp 100.000.000,- untuk FPK yang diserahkan secara simbolis, Rabu (11/10) di Ruang VIP Kantor Bupati Jembrana .

Baca juga:  Bantu UMKM Bangkit dari Pandemi, Bupati Tamba Resmikan Pojok UMKM

Bupati Tamba berharap FKUB dan FPK ini menjadi bagian penting dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan antar etnis/suku yang ada di Jembrana. “FKUB dan FPK bagimana caranya tetap konsisten dan berkiprah menjaga stabilisasi keamanan di Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Dikatakan Tamba, FKUB dan FPK Jembrana memiliki peran penting untuk memberikan tuntunan kepada umat dan etnis/sukunya untuk bersama-sama mendukung kemajuan Kabupaten Jembrana. “Peran bapak-bapak juga ditingkatkan untuk mendidik umat dan anggotanya untuk persiapan kita menuju Jembrana Emas Tahun 2026,”kata Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengingatkan agar hibah yang diterima dapat digunakan dengan benar dan sebaik-baiknya untuk memberikan edukasi dan tuntunan kepada umat dan etnisnya dalam menjaga kerukunan. “Apa yang bapak terima hari ini, agar dimanfaatkan dengan benar. Kemudian pertanggung jawabannya juga harus ada, ” tegasnya.

Baca juga:  Pelaku Pemerkosa Diganjar Empat Tahun Penjara

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jembrana I Gusti Agung Kade Oka mengatakan bahwa pemberian hibah tahun ini di anggarkan pada anggaran perubahan yang besarannya masing-masing 1 milyar lebih untuk FKUB dan Rp. 100 juta untuk FPK.

“Untuk FKUB tahun ini terjadi peningkatan lagi 100 jt dibanding th sebelumnya sejumlah Rp.913 juta, sedangkan untuk FPK tetap sama dengan tahun sebelumnya, ”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Jembrana I Komang Arsana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang telah memberikan dana hibah yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan-kegiatan untuk menjaga kerukunan umat beragama.

Baca juga:  ACJN Rambut Siwi Ditarget Rampung Tahun Ini

“Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati sudah memberikan dukungan yang positif kepada FKUB berupa dana hibah melalui Badan Kesbangpol Jembrana. Ini merupakan wujud kepedulian Bapak Bupati kepada umat di Kabupaten Jembrana, ” ungkap Arsana.

Arsana menyampaikan dukungan FKUB kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam melaksanakan program-program pemerintah untuk kemajuan Kabupaten Jembrana.

“Kami sepakat untuk selalu memberikan dukungan kepada Bapak Bupati sehingga program-program yang direncanakan dapat terlaksana demi Jembrana yang semakin maju, ” tandasnya. (Adv/Balipost)

BAGIKAN