Petugas mendatangi lokasi hutan yang terbakar (BP/Ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Batur, Kintamani Minggu (1/10). Kebakaran berhasil dikendalikan dengan cepat oleh petugas gabungan bersama warga menggunakan alat seadanya.

Berdasarkan informasi lokasi hutan yang terbakar berada di Kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Batur Bukit Payang, tepatnya di bawah areal Pura Pasar Agung Batur. Kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 11.20 WITA.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengatakan, api pertama kali terlihat muncul dari semak belukar yang kemudian merambat membakar pohon pinus yang berada di Kawasan TWA Gunung Batur Bukit Payang, di bawah areal parkir Pura Pasar Agung. Warga yang melihat kejadian itu kemudian memberi tahu masyarakat sekitar yang berjualan di areal Pura Pasar Agung Batur.

Baca juga:  Penataan Lapangan Lumintang Sedot Dana Rp 1,9 Miliar

Masyarakat sekitar berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya dan melaporkan kejadian tersebut kepada petugas KPHK Kintamani, Polsek Kintamani dan Babinsa Batur Tengah. Tak lama kemudian petugas datang ke lokasi dan ikut membantu memadamkan titik-titik api yang masih menyala. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.15 wita. “Sudah terkendali. Api tak sampai menjalar naik karena disekat jalan aspal,” ujarnya.

Ruli mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan saksi-saksi di sekitar TKP terkait kejadian kebakaran tersebut. Mengenai penyebab kebakaran, diperkirakan karena cuaca panas terik dan adanya gesekan pepohonan kering. “Luas hutan yang terbakar sekitar 4 are,” katanya. (Dayu Swasrina/Balipost)

Baca juga:  Truk Jatuh ke Jembatan, Sopir Selamat
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *