Upacara- Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Gianyar. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dalam waktu dekat ini pemerintah akan melaksanakan perhelatan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024. Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa saat memimpin upacara perdana bertepatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Gianyar, Minggu (1/10), mengingatkan netralitas ASN dan menekankan para ASN tidak ikut berpolitik praktis.

Kesempatan perdana bertatap muka dengan seluruh pegawai Pemkab Gianyar, Pj Bupati Tagel Wirasa memaparkan lima fokus tugasnya. Ini diantaranya penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, stabilitas inflasi, stabilitas politik, dan netralitas ASN. Hal ini berdasarkan kebijakan nasional yang menargetkan kemiskinan ekstrem di angka 0 persen dan angka stunting 14 persen di Tahun 2024.

Baca juga:  2023, Transaksi Tunai dan Nontunai di Bali Melonjak

Pj Bupati menjelaskan, pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Gianyar yang disebutkan pemerintah pusat mencapai angka 1,38 persen. Ini secara kuantitatif jumlahnya sangat besar.

Melihat hal tersebut, dirinya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar mengambil langkah cepat dengan turun langsung memverifikasi dan memvalidasi data tersebut sehingga dicapai sebuah angka yang bisa ditetapkan berdasarkan musyawarah desa yang menjadi satu dasar menetapkan angka data kemiskinan ekstrem yang menjadi target fokus penyelesaian jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Baca juga:  Gianyar Kejar Progress Perekaman e-KTP Ribuan Pemilih Pemula

“Kemudian terkait dengan angka stunting, walaupun masih jauh di bawah rata-rata nasional dan provinsi, tingkat stunting di Kabupaten Gianyar menunjukkan tren peningkatan, kita waspadai bersama,” ucapnya.

Selain mengatasi kemiskinan ektrem dan stunting, Dewa Tagel Wirasa juga mengintruksikan agar semuanya ikut menjaga inflasi dan stabilitas harga, walaupun objek pengukuran inflasi di Provinsi Bali dilaksanakan di Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar. “Walaupun Gianyar tidak menjadi sasaran penilaian inflasi oleh statistik, namun demikian kita tetap berkewajiban untuk memantau dan menjaga,” katanya.

Baca juga:  Sejumlah TPS di Tiga Wilayah Dipantau Pj Gubernur Bali

Bahkan dalam rangka menjaga keamanan dan kestabilan politik menjelang pemilihan presiden dan pilkada serentak tahun 2024, dirinya mengimbau para ASN tidak ikut berpolitik praktis. “Melalui kesempatan ini saya sampaikan, ini menjadi perhatian kita semua. Bagi seluruh ASN untuk menjaga netralitas,” tegas Dewa Tagel Wirasa. (Wirnaya/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *